Search for collections on Universitas YARSI Repository

PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIASI SERTA TINJAUANNYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI KASUS PADA KONSUMEN BUS PO. HARYANTO TRAYEK SOLO)

Habbibullah, Fernanda Affandi (2022) PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIASI SERTA TINJAUANNYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI KASUS PADA KONSUMEN BUS PO. HARYANTO TRAYEK SOLO). Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGESAHAN SIDANG.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
15. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh persepsi harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan, pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan, serta peran kepuasan pelanggan memediasi harga dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen bus Po. Haryanto trayek Solo, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 120 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini bersumber dari data primer yang diperoleh melalui pengambilan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan program Partial Least Square (PLS). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (p-value < 0,001); (2) persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (p-value 0,002); (3) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (p-value 0,005); (4) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (p-value < 0,001); (5) kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (p-value 0,027); (6) kepuasan pelanggan memediasi hubungan antara persepsi harga dan loyalitas pelanggan secara parsial (p-value 0,037); (7) kepuasan pelanggan memediasi hubungan antara kualitas layanan dan loyalitas pelanggan secara parsial (p-value 0,014). Tinjauan Islam menjelaskan bahwa dalam menetapkan harga dan memberikan pelayanan kepada pelanggan harus sesuai syari’at Islam dan tidak boleh menzalimi sesama manusia. Kepuasan pelanggan merupakan wujud dari rasa syukur. Semua hal tersebut dapat memiliki pengaruh baik terhadap loyalitas pelanggan jika didasari aturan syari’at Islam, penuh keikhlasan dan rasa syukur kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-71-MNJ
Uncontrolled Keywords: Persepsi Harga, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Islam.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
Depositing User: Fernanda Habbibullah
Date Deposited: 28 Feb 2024 10:02
Last Modified: 28 Feb 2024 10:02
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10081

Actions (login required)

View Item View Item