Salim, Gina Rafanda (2022) PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA SERTA TINJAUANNYA DARI SUDUT PANDANG ISLAM (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Tokopedia di DKI Jakarta). Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
01. COVER.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
04. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
02. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
05. ABSTRAK.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) | Preview |
|
Text
12. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
||
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
||
Text
16. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran brand image dalam memediasi pengaruh brand ambassador dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Tokopedia di DKI Jakarta dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling melalui instrumen penyebaran kuesioner. Metode analisis data menggunakan Metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLSSEM) melalui program SMARTPLS 3.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) brand ambassador berpengaruh positif terhadap brand image, (2) electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap brand image, (3) brand ambassador berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, (4) electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, (5) brand image berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, (6) brand image berpengaruh positif dalam memediasi pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian, dan (7) brand image berpengaruh positif dalam memediasi pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Menurut pandangan Islam, dalam melakukan transaksi jual beli wajib sesuai dengan prinsip ekonomi Islam yaitu dilakukan dengan cara yang jujur, adil, suka sama suka, amanah serta tidak dilebih-lebihkan apalagi mengandung unsur penipuan, dan tidak pula ada pihak yang dirugikan baik itu penjual maupun pembeli. Dalam melakukan pembelian suatu produk juga harus berpegang teguh terhadap prinsip dasar dalam berkonsumen agar tidak berlebihan pada sesuatu yang tidak bermanfaat nantinya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-78-MNJ |
Uncontrolled Keywords: | Brand Ambassador, Electronic Word of Mouth, Brand Image, dan Keputusan Pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HF Commerce |
Depositing User: | Gina Salim |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 11:47 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 11:47 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/9997 |
Actions (login required)
View Item |