Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA SERTA TINJAUANNYA DARI SUDUT PANDANG ISLAM (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Tokopedia di DKI Jakarta)

Salim, Gina Rafanda (2022) PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA SERTA TINJAUANNYA DARI SUDUT PANDANG ISLAM (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Tokopedia di DKI Jakarta). Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
16. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran brand image dalam memediasi pengaruh brand ambassador dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Tokopedia di DKI Jakarta dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling melalui instrumen penyebaran kuesioner. Metode analisis data menggunakan Metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLSSEM) melalui program SMARTPLS 3.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) brand ambassador berpengaruh positif terhadap brand image, (2) electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap brand image, (3) brand ambassador berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, (4) electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, (5) brand image berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, (6) brand image berpengaruh positif dalam memediasi pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian, dan (7) brand image berpengaruh positif dalam memediasi pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Menurut pandangan Islam, dalam melakukan transaksi jual beli wajib sesuai dengan prinsip ekonomi Islam yaitu dilakukan dengan cara yang jujur, adil, suka sama suka, amanah serta tidak dilebih-lebihkan apalagi mengandung unsur penipuan, dan tidak pula ada pihak yang dirugikan baik itu penjual maupun pembeli. Dalam melakukan pembelian suatu produk juga harus berpegang teguh terhadap prinsip dasar dalam berkonsumen agar tidak berlebihan pada sesuatu yang tidak bermanfaat nantinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-78-MNJ
Uncontrolled Keywords: Brand Ambassador, Electronic Word of Mouth, Brand Image, dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
Depositing User: Gina Salim
Date Deposited: 14 Mar 2024 11:47
Last Modified: 14 Mar 2024 11:47
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/9997

Actions (login required)

View Item View Item