Search for collections on Universitas YARSI Repository

Hubungan persepsi mengenai lingkungan pendidikan terhadap motivasi belajar mahasiswa tahap akademik Fakultas Kedokteran Gigi Universitas YARSI.

SHOLEHA, DEWI SHINTA (2020) Hubungan persepsi mengenai lingkungan pendidikan terhadap motivasi belajar mahasiswa tahap akademik Fakultas Kedokteran Gigi Universitas YARSI. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
1. COVER (1).pdf

Download (100kB)
[img] Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (598kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (729kB)
[img] Text
13. BAB 1.pdf

Download (761kB)
[img] Text
14. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[img] Text
16. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text
17. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img]
Preview
Text
3. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Lingkungan pendidikan dan motivasi belajar merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Lingkungan pendidikan adalah faktor eksternal, merupakan tempat atau keadaan yang mempengaruhi proses perubahan tingkah laku dan pendidikan mahasiswa. Motivasi belajar adalah faktor internal, merupakan keyakinan yang ada di dalam diri mahasiswa, yang akan mendorong kesuatu tujuan pendidikan. Prestasi belajar mahasiswa kedokteran gigi dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi mengenai lingkungan pendidikan terhadap motivasi belajar mahasiswa tahap akademik Fakultas Kedokteran Gigi Universitas YARSI. Penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional dengan metode total sampling terhadap mahasiswa tahap akademik. Penelitian ini menggunakan dua kuesioner yaitu Dundee Ready Education Environment (DREEM) dan Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Hasil tingkat persepsi mengenai lingkungan pendidikan adalah sedang (82,7%) dan tingkat motivasi belajar mahasiswa adalah tinggi (73,3%). Hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mengenai lingkungan pendidikan terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan nilai P adalah 0,000 (P<0,05). Lingkungan pendidikan mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa, yang dapat mendorong mahasiswa meningkatkan hasil prestasi belajar. Berdasarkan perspektif Islam lingkungan pendidikan dapat memengaruhi motivasi belajar, bahwa motivasi didasari oleh niat sebagai ibadah kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-171-KG
Uncontrolled Keywords: Lingkungan pendidikan, DREEM, motivasi belajar, MSLQ
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RK Dentistry
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:38
Last Modified: 20 Jul 2022 03:39
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/8726

Actions (login required)

View Item View Item