Aditiya, De La (2018) TINJAUAN YURIDIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN OLEH BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) DKI JAKARTA MELALUI PROSES KONSILIASI (Studi Kasus Putusan Nomor. 002/PM/BPSK-DKI/IV/2016). Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
Cover Skripsi Aditiya.pdf Download (59kB) |
||
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
||
Text
BAB 1.pdf Download (73kB) |
||
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
||
|
Text
Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat,baik bagi kepentingan diri sendiri,keluarga,orang lain,maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Penelitian ini menganalisis (1) Perlindungan hokum terhadap konsumen yang dilakukan oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (2) Mekanisme dalam penyelesaian sengketa konsumen dalam norma hukum perdata (3) Pandangan hukum islam mengenai mekanisme dalam menyelesaikan suatu permasalahan sengketa konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan hukum normatif yang diteliti hanya bahan pustaka atau data sekunder, yang mungkin mencangkup bahan hukum primer,sekunder dan tersier. Berdsarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa (1) Untuk memberikan perlindungan hukum kepada konsumen yang dilakukan oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen diatur dalam peraturan dan perundang-undangan yang berlaku (2) Penyelesaian Sengketa Kosumen di Badan Penyelesaian Sengketa konsumen tidak berjenjang para pihak untuk memilih cara penyelesaian sengketa konsumen yaitu melalui cara : Konsiliasi,Mediasi dan Arbitrase (3) Pandangan Islam terhadap terhadap kasus sengketa konsumen antara Guandra Winaryo NG dan PT. Wira Sakti Surya Persada adalah Perilaku yang dilakukan konsumen dan pelaku usaha yang boleh dilakukan oleh Islam mengakhiri perselisihan antara konsumen dan pelaku usaha. Tindak tersebut sama seperti Al shulhu dalam Islam untuk menghilangkan perselisahan dan diutamakan perdamaian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-484-FH |
Uncontrolled Keywords: | Penyelesaian,Konsumen,Sengketa,Konsiliasi, Al shulhu |
Subjects: | K Law > K Law (General) L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:32 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 02:14 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6723 |
Actions (login required)
View Item |