Putri, Azka Nazzala (2022) PENGARUH BELANJA HEDONIS DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN PERAN EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DAN TINJAUANNYA MENURUT SUDUT PANDANG ISLAM (Studi pada Konsumen E-commerce Sociolla). Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
1. COVER.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Image
2. LEM PERNYATAAN.PDF Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) | Preview |
|
Text
12.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
||
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
||
Text
16. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
||
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belanja hedonis dan electronic word of mouth (E-WOM) dengan peran emosi positif sebagai variabel mediasi. Populasi penelitian ini adalah konsumen pengguna e-commerce Sociolla di DKI Jakarta dengan jumlah sampel 120 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan Metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa belanja hedonis dan electronic word of mouth dapat dijadikan model yang mempengaruhi pembelian impulsif dengan peran emosi positif sebagai variabel mediasi. Belanja Hedonis berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif (p-values <0,000) sedangkan electronic word of mouth (E-WOM) tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif (p-values > 0,896). Belanja hedonis dapat berpengaruh positif terhadap emosi positif (p-values <0,000) dan emosi positif berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif (p-values < 0,017). Emosi positif dapat memediasi pengaruh belanja hedonis terhadap pembelian impulsif (p-values < 0,020). Menurut pandangan Islam, emosi positif baik untuk manusia tetapi ketika berlebihan akan menjadi hal yang bahaya, terutama kesenangan berbelanja hedonis yang dapat menimbulkan pembelian impulsif dalam melakukan pembelian yang tidak sesuai dengan kebutuhannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-157-MNJ |
Uncontrolled Keywords: | Belanja Hedonis, Electronic Word of Mouth (E-WOM), Pembelian Impulsif, Emosi Positif |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce |
Depositing User: | Azka Putri |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 12:30 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 12:30 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/9973 |
Actions (login required)
View Item |