SHOLEHA, DEWI SHINTA (2020) Hubungan persepsi mengenai lingkungan pendidikan terhadap motivasi belajar mahasiswa tahap akademik Fakultas Kedokteran Gigi Universitas YARSI. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
1. COVER (1).pdf Download (100kB) |
||
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (194kB) |
||
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (598kB) |
||
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (729kB) |
||
Text
13. BAB 1.pdf Download (761kB) |
||
Text
14. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
15. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (877kB) |
||
Text
16. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) |
||
Text
17. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
||
|
Text
3. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
Lingkungan pendidikan dan motivasi belajar merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Lingkungan pendidikan adalah faktor eksternal, merupakan tempat atau keadaan yang mempengaruhi proses perubahan tingkah laku dan pendidikan mahasiswa. Motivasi belajar adalah faktor internal, merupakan keyakinan yang ada di dalam diri mahasiswa, yang akan mendorong kesuatu tujuan pendidikan. Prestasi belajar mahasiswa kedokteran gigi dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi mengenai lingkungan pendidikan terhadap motivasi belajar mahasiswa tahap akademik Fakultas Kedokteran Gigi Universitas YARSI. Penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional dengan metode total sampling terhadap mahasiswa tahap akademik. Penelitian ini menggunakan dua kuesioner yaitu Dundee Ready Education Environment (DREEM) dan Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Hasil tingkat persepsi mengenai lingkungan pendidikan adalah sedang (82,7%) dan tingkat motivasi belajar mahasiswa adalah tinggi (73,3%). Hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mengenai lingkungan pendidikan terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan nilai P adalah 0,000 (P<0,05). Lingkungan pendidikan mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa, yang dapat mendorong mahasiswa meningkatkan hasil prestasi belajar. Berdasarkan perspektif Islam lingkungan pendidikan dapat memengaruhi motivasi belajar, bahwa motivasi didasari oleh niat sebagai ibadah kepada Allah SWT.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-171-KG |
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan pendidikan, DREEM, motivasi belajar, MSLQ |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > RK Dentistry |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:38 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 03:39 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/8726 |
Actions (login required)
View Item |