Lestari, Disa Ariesa (2017) PERBEDAAN JENIS MOTIVASI BELANJA ONLINE PADA KONSUMEN REMAJA LAKI JAKARTA DALAM TINJAUAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
1. Cover Skripsi.pdf Download (30kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (452kB) |
|
Text
2. Lembar Pernyataan.pdf Download (124kB) |
|
Text
12. Abstrak.pdf Download (41kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (36kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (52kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
|
Text
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini mulai berkembang sistem jual beli online yang memberikan kemudahan baik bagi pedagang maupun bagi pembeli. Kemudahn tersebut dapat mempengaruhi motivasi atau keinginan pembeli dalam berbelanja. Terdapat dua jenis motivasi dalam berbelanja, yaitu motivasi rasional dan irasional. Penelitian menunjukkan terdapat perbedaan jenis motivasi berbelanja antara laki-laki dan perempuan, dimana laki-laki cenderung memiliki motivasi rasional dalam berbelanja. Hingga saat ini, masih minim penelitian yang melihat perbedaan motivasi belanja antara remaja laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan motivasi belanja online pada konsumen remaja laki-laki dan konsumen remaja perempuan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain komparatif.Penelitian ini melibatkan 100 subjek,instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala motivasi belanja yang dikembangkan oleh Yuningsih (2008)yang telah dimodifikasi.Statistik deskriptif dan uji t digunakan untuk menganalisis data.Hasil penelitian ini menyatakan adanya perbedaan jenis motivasi belanja online pada konsumen remaja laki-laki dan konsumen remaja perempuan, yang mana subjek perempuan lebih rasional (M= 70,36) dan subjek laki-laki lebih irasional (M= 42,32).Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi penjual untuk menggunakan metode promosi yang berbeda antara konsumen laki-laki dan konsumen perempuan.Dalam sudut pandang Islam, motivasi berbelanja online harus didasari dengan modal agama dan bagaimana harta dipergunakan untuk mencapai kebaikan. Dengan kata lain, Islam menganjurkan umatnya untuk dapat memiliki motivasi rasional dalam membuat keputusan ketika berbelanja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-208-PSI |
Uncontrolled Keywords: | Belanja online; motivasi rasional; motivasi irasional; konsumen remaja laki-laki; konsumen remaja perempuan. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HF Commerce L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:31 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 06:12 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6401 |
Actions (login required)
View Item |