Rosmiati, Rosmiati (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DALAM PROGRAM PANGAN MURAH MELALUI BUSINESS MODEL CANVAS (BMC): STUDI EMPIRIK DI DKI JAKARTA PADA PERUMDA DHARMA JAYA. Masters thesis, Universitas YARSI.
|
Text
1. HALAMAN JUDUL tesis Rosmiati.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN ROSMIATI-MM.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN ROSMIATI-MM.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) | Preview |
|
Text
10. BAB II - ROSMIATI-MM.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) |
||
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
Text
15. LAMPIRAN ROSMIATI-MM.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas implementasi strategi pemasaran dalam Program Pangan Murah DKI Jakarta melalui pendekatan Bussiness Model Canvas (BMC) yang dipadukan dengan Analisis SWOT dengan studi empirik di Perumda Dharma Jaya terkait dengan pelaksanaan Program Pangan Murah di DKI Jakarta. Realisasi klaim serapan penerima manfaat untuk membeli komoditas-komoditas Program Pangan Murah yang menurun di setiap tahunnya pada Periode Tahun 2019 – 2021 diduga disebabkan oleh beberapa faktor. Dihentikannya Program Pangan Murah selama beberapa bulan pada Tahun 2020 dan 2021 saat Pandemi Covid-19 diduga menjadi salah satu faktor tersebut, selain adanya pergeseran perilaku penerima manfaat yang menggunakan haknya selain untuk membeli komoditas Program Pangan Murah, dan kurangnya strategi pemasaran serta manajemen eksekusi strategi pemasaran yang telah dibuat oleh pelaksana Program Pangan Murah, khususnya Perumda Dharma Jaya. Penelitian ini dilakukan untuk memastikan apakah ketiganya menjadi faktor penyebab menurunnya serapan komoditas-komoditas Pangan Murah oleh penerima manfaat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yang menggunakan wawancara, dokumen perusahaan, buku, jurnal, situs internet, serta kunjungan danobeservasi lapangan yang dipadukan dengan data-data kuantitatif yang diperoleh dan dimodifikasi oleh Penulis. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang perlu diterapkan perusahaan yaitu strategi hold and maintain berupa strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Saran bedasarkan hasil penelitian yaitu memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai sarana promosi dan juga fasilitas layanan customer care, perlu adanya peningkatan kualitas produk dengan kemasan yang memiliki ciri khas dari pesang dan eye catching, pelatihan kepada karyawan bak produksi maupun pelayanan masyarakat pelu dilakukan secara bekelanjutan, komputerisasi data perlu dilakukan secara sistematis dan rapi untuk arsip data yang lebih terstuktur.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | T-48-MM |
Uncontrolled Keywords: | Program Pangan Murah, Bussiness Model Canvas (BMC), Analisis SWOT, Perumda Dharma Jaya |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce |
Depositing User: | Rosmiati Rosmiati |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 03:39 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 03:39 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12064 |
Actions (login required)
View Item |