Hajumandini, Dela (2021) EFEKTIVITAS PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI MASA PANDEMI COVID – 19 DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS X SMA NEGERI 68 JAKARTA PUSAT. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
1. COVER.pdf Download (170kB) |
|
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (409kB) |
|
Text
3. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (218kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (397kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
Text
13. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
Abstract
Minat baca merupakan sumber motivasi seseorang untuk menganalisis, mengingat, dan mengevaluasi apa yang telah dibaca. Secara tradisional literasi dipandang sebagai kemampuan membaca dan menulis. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sangat berperan penting bagi siswa karena dapat membantu siswa dalam memahami bacaan. Adanya pandemi covid -19 mengganggu proses pendidikan dan menerapkan penutupan lokasi sekolah. Pada tahun 2016 SMA Negeri 68 Jakarta Pusat telah melakukan program Gerak Literasi Sekolah (GLS). Kegiatan Literasi Sekolah di masa pandemi covid – 19 melalui aplikasi zoom dilakukan setiap hari selasa, rabu dan kamis. Jadwal kegiatan tersebut dikurangi sehingga tidak serutin sebelum pandemi, hal ini dilakukan supaya siswa kelas X SMA Negeri 68 Jakarta Pusat tidak merasa jenuh dengan banyak kegiatan dan tugas sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui minat baca siswa kelas x melalui program gerakan literasi sekolah dimasa pandemi covid – 19, mengetahui mengetahui efektifitas program gerakan literasi sekolah di masa pandemi covid – 19 dalam meningkatkan minat baca siswa kelas x SMA Negeri 68 Jakarta Pusat. Menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Untuk melihat tingkat hubungan antar variabel x dan y. Teknik pengumpulan dapat dilakukan dengan observasi Nonpartisipasi (pengamatan tidak langsung kepada responden), interview (wawancara), kuesioner (angket) dengan cara melakukan penyebaran kuesioner sesuai indikator teori Crow and Crow dan Campbell. Hasil penelitian menyatakan minat baca siswa berdasarkan penelitian terlihat baik dengan hal mendukung adalah membaca buku non pelajaran. Hasil Kolerasi Efektivitas Program Gerakan Literasi Sekolah dengan Minat Baca terdapat nilai pearson correlation sebesar 0,848. Nilai Signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga hubungan antara Efektivitas Program Gerakan Literasi Sekolah dengan Minat Baca berkolerasi sangat kuat, dan H1 diterima dengan begitu terdapat hubungan antara Efektifitas Program Gerakan Literasi Sekolah dengan Minat Baca.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-281-IP |
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca, Pandemi Covid – 19. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Depositing User: | DELLA HAJUMANDINI |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 07:09 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 07:09 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/9354 |
Actions (login required)
View Item |