Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS PRAKTIK PENYAJIAN INFORMASI IKLAN MAKANAN YANG PROPORSIONAL PADA PT FAST FOOD INDONESIA TBK

EFRIWIGEA, EFRIWIGEA (2019) PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS PRAKTIK PENYAJIAN INFORMASI IKLAN MAKANAN YANG PROPORSIONAL PADA PT FAST FOOD INDONESIA TBK. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
2. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (118kB)
[img] Text
6. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (145kB)
[img] Text
9. ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img]
Preview
Text
4. PERNYATAAN ORISINALITAS SKRIPSI.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

Penulisan ini membahas mengenai perlindungan konsumen atas praktik penyajian iklan makanan yang proposional pada PT Fast Food Indonesia Tbk. Perlindungan hukum atas praktek penyajian iklan makanan yang proposional pada PT Fast Food Indonesia Tbk di dalam skripsi ini menggunakan tinjauan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Adapun masalah yang dibahas dalam penulisan ini, yaitu: (a) Bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen yang menjadi sasaran dari produk iklan makanan; (b) Bagaimana perlindungan hukum atas praktek penyajian informasi iklan makanan yang proposional pada PT Fast Food Indonesia Tbk; (c) Bagaimanakah pandangan Islam terhadap perlindungan hukum terhadap iklan makanan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang mewawancarai beberapa pihak PT Fast Food Indonesia Tbk.. Periklanan adalah bagian tak terpisahkan dari bisnis modern yang dimana pemberian informasi iklan yang diberikan melalui iklan dan media informasi yang semakin cepat dan efisien yang diperolah konsumen sendiri.dimana hak konsumen sendiri yang sudah diatur oleh Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dimana penulis melihat adanya ketidak proposionalan antara pelaku usaha dengan penyajian makanan tersebut yang di berikan melalui informasi itu sendiri. Hasil wawancara yang dilakukan oleh Penulis kemudian diolah dan menghasilkan analisis berupa perlindungan hukum berdasarkan Pasal 7 huruf b kewajiban pelaku usaha dalam memberikan informasi benar, jelas, dan jujur itu berlaku dan Pasal 17 ayat (1) huruf c tentang larangan bagi pelaku usaha terkait periklanan. Selain itu juga terdapat pengaturan dalam Etika Priwara Indonesia mengenai tampilan iklan. Dalam penyajian iklan makanan menu Hot Rods tersebut Penulis mendapatkan pelaku usaha belum mampu memenuhi ketentuan-ketentuan tersebut namun tidak ada protes dan keluhan dari pihak konsumen kepada pelaku usaha secara formal. Dalam Islam, iklan makanan dibolehkan/mubah sebagai media/alat menyampaikan informasi selama tidak melanggar syara’sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Asy-Syu’araa ayat 181-183. Penulis berkeyakinan bahwa penyajian informasi iklan makanan seharusnya bisa disampaikan secara benar, jelas dan jujur sesuai Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-539-FH
Uncontrolled Keywords: Hukum Perlindungan, Iklan, Konsumen, Pelaku Usaha, Penyajian, Proposional, Etika.
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:32
Last Modified: 25 Mar 2022 03:12
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6666

Actions (login required)

View Item View Item