Nurfadillah, Anisa (2017) Peran trait mindfulness dan empati terhadap perilaku bullying pada remaja SMA serta tinjauannya menurut Islam. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
i. COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
iv. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (46kB) |
|
Text
xviv. ABSTRAK.pdf Download (92kB) |
|
Text
xvvi. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (414kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (355kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (718kB) |
|
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
|
Text
ii. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (32kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai bagaimana trait mindfulness dan empati secara bersama-sama berperan dalam menurunkan perilaku bullying pada remaja SMA di DKI Jakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penyebaran kuesioner kepada 200 remaja SMA dengan rentang usia 14-18 tahun. Penelitian dilakukan dengan menggunakan alat ukur Mindful Attention Awareness Scale (MAAS), Basic Empathy Scale (BES), dan Olweus Bullying Questionnaire (OBQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mindfulness dan empati secara bersama-sama dapat berperan dalam menurunkan perilaku bullying pada remaja sebesar 18,7% dan 81,3% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian semakin tinggi skor empati dan mindfulness, maka semakin rendah kemunculan perilaku bullying. Sebaliknya, semakin rendah skor empati dan mindfulness, maka semakin tinggi pula kemunculan perilaku bullying. Agama Islam mengajarkan manusia untuk berperilaku baik kepada sesama manusia dan mencegah seseorang untuk melakukan kemunkaran atau menyakiti orang lain. Dalam hal ini, Allah SWT menganjurkan manusia untuk mampu merasakan sesuatu yang dirasakan oleh orang lain agar terhindar dari perilaku menyakiti sesama manusia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-191-PSI |
Uncontrolled Keywords: | trait mindfulness, empati, bullying, Mindful Attention Awareness Scale (MAAS), Basic Empathy Scale (BES), Olweus Bullying Questionnaire (OBQ), Perspektif Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:31 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 04:25 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6419 |
Actions (login required)
View Item |