Search for collections on Universitas YARSI Repository

PEMAKNAAN PASIEN TERHADAP KOMUNIKASI PELAYANAN KESEHATAN DOKTER YANG BERTUGAS DI KLINIK DAN PUSKESMAS DI JAKARTA SERTA TINJAUAN DALAM ISLAM

Hidayati, Rahmi Nur (2017) PEMAKNAAN PASIEN TERHADAP KOMUNIKASI PELAYANAN KESEHATAN DOKTER YANG BERTUGAS DI KLINIK DAN PUSKESMAS DI JAKARTA SERTA TINJAUAN DALAM ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (9kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (51kB)
[img] Text
13. ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
21. Daftar Pustaka.pdf

Download (252kB)
[img] Text
15. BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
16. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
17. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
18. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
19. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
20. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini mencoba memahami fenomena pemaknaan pasien terhadap komunikasi pelayanan kesehatan dokter di fasilitas kesehatan primer yaitu klinik dan Puskesmas. Tujuan penelitian ini yaitu memahami esensi pengalaman pasien dan pemaknaanya terhadap komunikasi pelayanan kesehatan oleh dokter. Subjek penelitian berjumlah 6 orang, dengan 3 subjek merupakan pasien klinik dan 3 subjek adalah pasien Puskesmas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi, dengan metode pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pemaknaan pada pasien klinik dan pasien Puskesmas terkait komunikasi pelayanan kesehatan dokter yaitu dilihat dari proses komunikasi, unsur-unsur komunikasi dan komunikasi efektif. Dalam mempersepsi komunikasi dokter, antara pasien klinik dan pasien Puskesmas dipengaruhi oleh berbagai faktor yang mana pada pasien klinik lebih dipengaruhi faktor pemersepsi. Sedangkan, pada pasien Puskesmas lebih dipengaruhi oleh faktor target. Dalam pandangan Islam, pasien memaknai bahwasanya dokter merupakan perantara kesembuhan yang diberikan oleh Allah, sehingga dokter dalam memberikan komunikasi pelayanan kesehatan kepada pasien, hendaknya menggunakan komunikasi yang baik sesuai dengan prinsip-prinsip komunikasi Islami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-190-PSI
Uncontrolled Keywords: Persepsi pasien, Komunikasi kesehatan, Kualitatif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:31
Last Modified: 15 Mar 2022 04:18
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6418

Actions (login required)

View Item View Item