Tamari, Karinda Ayu (2018) PERAN DUKUNGAN DAN HAMBATAN KONTEKSTUAL TERHADAP ADAPTABILITAS KARIER PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR SERTA TINJAUANNYA DALAM ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
1 COVER.pdf Download (18kB) |
|
Text
9 ABSTRAK.pdf Download (164kB) |
|
Text
4 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (289kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (202kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (395kB) |
Abstract
Mahasiswa tingkat akhir merupakan individu yang berada pada masa transisi dari dunia perkuliahan ke dunia kerja. Dalam masa transisi tersebut, mahasiswa perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi perbedaan antara dunia perkuliahan dan pekerjaan. Selain itu, fenomena mahasiswa yang tidak selalu bekerja sesuai dengan jurusannya pun semakin banyak. Oleh karena itu, memiliki adaptabilitas karier yang tinggi adalah hal yang penting untuk mahasiswa. Salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi pilihan karier individu adalah faktor eksternal atau dapat disebut sebagai dukungan dan hambatan kontekstual. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran dukungan dan hambatan kontekstual terhadap adaptabilitas karier pada mahasiswa tingkat akhir di JABODETABEK. Penelitian ini menggunakan alat ukur Career Adapt-Abilities Scale (CAAS) dan alat ukur Contextual Support and Barrier (CSB). Subjek Penelitian ini sebanyak 270 mahasiswa yang berkuliah di JABODETABEK, yang diperoleh dari teknik qouta sampling yang disetiap wilayah diwakili oleh 30 sampel. Peranan dukungan dan hambatan kontekstual terhadap adaptabilitas karier di uji dengan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa dukungan kontekstual berperan sebesar 14,5% terhadap adaptabilitas karier (p<0,05). Sedangkan, hambatan kontekstual yang dirasakan oleh mahasiswa tingkat akhir tidak berperan secara signifikan terhadap adaptabilitas karier. Oleh karena itu, pemberian dukungan terhadap mahasiswa tingkat akhir merupakan intervensi yang dapat diberikan untuk meningkatkan adaptabilitas karier mereka. Dukungan dan hambatan menurut pandangan Islam mempunyai peran yang penting dalam melakukan sesuatu. Saling mendukung dalam hal kebaikan merupakan kewajiban antara sesama manusia yang harus dilakukan, serta hambatan merupakan ujian yang diberikan oleh Allah SWT untuk mengetahui seberapa baik amal perbuatan yang manusia lakukan selama hidup di dunia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-275-Psi |
Uncontrolled Keywords: | Adaptabilitas Karier, Dukungan dan Hambatan Kontekstual, Mahasiswa Tingkat Akhir |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:31 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 02:42 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6336 |
Actions (login required)
View Item |