Search for collections on Universitas YARSI Repository

Peran Stres Akademik terhadap College Student Subjective Well-being (CSSWB) pada Mahasiswa Tahun Pertama serta Tinjauannya dalam Islam

Abdu, Umar Rachmat Putra (2019) Peran Stres Akademik terhadap College Student Subjective Well-being (CSSWB) pada Mahasiswa Tahun Pertama serta Tinjauannya dalam Islam. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)
[img] Text
16. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)

Abstract

Mahasiswa tahun pertama yang baru menduduki bangku perkuliahan harus menghadapi tuntutan-tuntutan yang memberikan tekanan-tekanan sehingga menyebabkan mahasiswa mengalami stres akademik. Stres akademik diketahui sebagai tekanan yang muncul karena berbagai aspek akademik yang berdampak pada kesejahteraan mahasiswa tersebut. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukan bahwa terdapat hubungan dan peran stres akademik terhadap kesejahteraan subjektif pada mahasiswa khususnya di tahun pertama. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan untuk menguji peran stres akademik terhadap college student subjective well-being (CSSWB) pada mahasiswa tahun pertama. 123 partisipan penelitian merupakan mahasiswa semester dua yang sedang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Sampling insidental digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Alat ukur Educational Stress Scale for Adolecent (ESSA) untuk mengukur stres akademik dan alat ukur College Student Subjective Wellbeing Questionnaire (CSSWQ) untuk mengukur kesejahterana subjektif mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peran yang signifikan stres akademik terhadap college student subjective well-being. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu rujukan untuk membantu mahasiswa di tahun pertama meningkatkan kesejahteraan subjektif meskipun sedang menghadapi stres akademik sehingga mahasiswa di tahun pertama tetap bisa mendapatkan pencapaian akademik yang baik. Dalam perspektif Islam stres akademik yang merupakan cobaan berperan terhadap kesejahteraan subjektif mahasiswa tahun pertama karena cobaan yang Allah SWT berikan kepada setiap hambaNya merupakan tanda cinta Allah agar hambaNya dapat menjadi lebih baik. Kata Kunci: Mahasiswa, Stres Akademik, Kesejahteraan Subjektf

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-324-PSI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:31
Last Modified: 24 Jun 2021 06:23
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6286

Actions (login required)

View Item View Item