Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN TAHUN AKADEMIK 2011/2012 TERHADAP PENDIDIKAN PEMUSTAKA PADA UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS YARSI DAN TINJAUANNYA MENURUT ISLAM

Maslani, Maslani (2011) PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN TAHUN AKADEMIK 2011/2012 TERHADAP PENDIDIKAN PEMUSTAKA PADA UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS YARSI DAN TINJAUANNYA MENURUT ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
COVER 1502008025.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 1502008025.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 1502008025.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA 1502008025.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
BAB 2 1502008025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
BAB 3 1502008025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB 4 1502008025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
BAB 5 1502008025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN-KUESIONER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

Dalam upaya pengembangan potensi diri, pendidikan merupakan salah satu usaha yang sangat berperan. Kebutuhan pendidikan bisa dipenuhi apabila sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Perpustakaan termasuk salah satu elemen pokok dalam dunia pendidikan. Penyelenggaraan aktivitas pendidikan dalam dunia perpustakaan dapat dilakukan melalui aktivitas pendidikan pemustaka. Hal ini dipandang penting mengingat perpustakaan merupakan sumber informasi yang menampung berbagai jenis subjek yang membantu dalam peningkatan kwalitas pendidikan. Agar koleksi dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya secara tepat guna, perpustakaan perlu meningkatkan kwalitas layanan dengan mengembangkan metodologi pendidikan pemustaka (user educations). Untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pendidikan pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas YARSI, penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 50 mahasiswa baru tahun akademik 2011/2012 dari Fakultas Kedokteran. Pengumpulan data didapatkan melalui kuesioner, peneliti juga melakukan observasi selama masa orientasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2011 sampai dengan Oktober 2011. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penyelenggaraan pendidikan pemustaka telah berlangsung dengan baik dan berhasil efektif. Namun masih ada kelemahannya yaitu waktu penyelenggaraan terbatas dan peran pustakawan dalam mempromosikan koleksi baru belum seperti yang diharapkan. Tinjauan Islam pendidikan sudah berjalan dengan baik tetapi masih ada kekurangan waktu pelaksanaan pendidikan terlalu cepat, sehingga informasi yang disampaikan sangat terbatas dan perlu perbaikan sesuai dengan surat (Ar-Rad(13)11).

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-85-IP
Uncontrolled Keywords: Pendidikan pemustaka, user education.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:30
Last Modified: 28 Jun 2024 10:59
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/5890

Actions (login required)

View Item View Item