Saadah, Saadah (2012) LITERASI INFORMASI SISWA MAN INSAN CENDEKIA SERPONG DAN TINJAUANNYA MENURUT ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
cover.pdf Download (226kB) | Preview |
|
Text
lembar pengesahan-saadah.pdf Download (116kB) |
||
Text
lembar pernyataan-saadah.pdf Download (96kB) |
||
Text
ABSTRAK--1502008030.pdf Download (7kB) |
||
Text
BAB 1--1502008030.pdf Download (234kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA--1502008030.pdf Download (154kB) |
||
Text
BAB 2--1502008030.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
||
Text
BAB 3--1502008030.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
||
Text
BAB 4--1502008030.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
||
Text
BAB 5--1502008030.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
||
Text
LAMPIRAN--1502008030.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas kemampuan siswa MAN Insan Cendekia Serpong dalam mencari dan menggunakan informasi secara efektif dalam mendukung keterampilan literasi informasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran kemampuan literasi informasi siswa kelas XII MAN Insan Cendekia Serpong. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 53 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dan interpretasi data dilakukan berdasarkan persentase dari setiap jawaban responden. Data yang telah diolah, dianalisis berdasarkan indikator-indikator literasi informasi yang mengacu pada Information Literacy Competency Standard for Higher Education yang dikeluarkan oleh Association of College & Recearch Libraries (ACRL), dipadukan dengan Manifesto Perpustakaan Sekolah yang diterbitkan International Federation of Library Association (IFLA/UNESCO). Literasi informasi dalam penelitian ini dilihat dari lima aspek yaitu, menyadari kebutuhan informasi, akses informasi, mengelola informasi, menggunakan informasi, dan mengevaluasi informasi. Hasil analisis menggambarkan kemampuan literasi informasi siswa cukup baik dalam beberapa indikator, namun ada beberapa indikator kemampuan yang perlu ditingkatkan. Hasil penelitian menyarankan bahwa perpustakaan MAN Insan Cendekia Serpong perlu mengusulkan kepada fihak sekolah tersebut untuk menjadikan pengajaran literasi informasi sebagai kegiatan pembelajaran yang diprogramkan secara resmi menjadi bagian/terintegrasi dalam kurikulum, sebagai bekal untuk pembelajaran seumur hidup.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-90-IP |
Uncontrolled Keywords: | Informasi, information literacy, information skills |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:30 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 07:33 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/5886 |
Actions (login required)
View Item |