Rahayu, Sri (2013) PEMANFAATAN APLIKASI LAYANAN MANDIRI UNTUK PENDAFTARAN KEANGGOTAAN PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA DALAM MENUNJANG PENINGKATAN LAYANAN BAGI PEMUSTAKA DAN TINJAUANNYA MENURUT ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
COVER-AYU.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN-SRI RAHAYU.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK-AYU.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
3_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text
4_BAB II TINJAUAN LITERATUR.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
5_BAB III HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
||
Text
6_BAB IV TINJAUAN ISLAM.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) |
||
Text
7_BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
Text
9_LAMPIRAN-KUESIONER PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
Abstract
Aplikasi Layanan Mandiri Keanggotaan adalah salah satu modul dalam sistem informasi manajemen pengelolaan perpustakaan yang digunakan oleh Perpustakaan Nasional RI, yang diberi nama INLIS (Integrated Library System).Aplikasi Layanan Mandiri Keanggotaan dibuat untuk membantu para pemustaka yang ingin menjadi anggota Perpustakaan Nasional dapat melayani dirinya sendiri pada saat melakukan pendaftaran, yaitu mengisi data identitas sebagai salah satu syarat untuk menjadi anggota Perpustakaan Nasional. Pengisian data identitas dapat dilakukan secara langsung di layar monitor komputer yang sudah terinstal aplikasi. Dikarenakan aplikasi ini berbasis web maka pengisisan formulir identitas diri juga dapat dilakukan dengan mengakses website www.pnri.go.id melalui menu registrasi anggota, dalam perjalanannya ternyata masih ditemukan beberapa kasus dimana kartu anggota sebagai hasil dari pendaftaran layanan mandiri tidak dapat digunakan dalam melakukan transaksi input data buku tamu, transaksi peminjaman dan saat akses ke koleksi e-resources. Penelitian dilakukan dengan tujuan mengukur Pemanfaatan Aplikasi Layanan Mandiri Untuk Pendaftaran Keanggotaan di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui survei dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar kepada 100 responden sebagai sampel yang mewakili 10% dari jumlah populasi keanggotaan yang terdaftar sejak Januari sampai Mei 2013. Hasil penelitian membuktikan bahwa aplikasi layanan mandiri keanggotaan dinilai Baik oleh responden, walaupun masih ditemukan 20% kasus kartu anggota tidak dapat digunakan.Dalam tinjauan Islam, pemanfaatan aplikasi layanan mandiri sebagai produk dari teknologi informasi telah berjalan sesuai dengan program, namun masih terdapat kekurangan. Islam menganjurkan untuk melakukan perbaikan searah dengan perkembangan teknologi sebagaimana firman Allah yang artinya “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah suatu kaum kecuali mereka merubah keadaannya sendiri” (QS: Ar-Rad:21).Oleh karenanya penyempurnaan aplikasi sesuai perkembangan teknologi menjadi suatu keharusan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-123-IP |
Uncontrolled Keywords: | Layanan mandiri, otomasi perpustakaan, perpustakaan Nasional RI |
Subjects: | L Education > L Education (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:30 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 03:48 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/5843 |
Actions (login required)
View Item |