Sari, Yunika Permata (2015) PERSEPSI TENTANG PROSESI PUSTAKAWAN OLEH PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN PUSAT BI (BANK INDONESIA) JAKARTA DAN TINJAUANNYA MENURUT ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
1.COVER YUNIKA.pdf Download (113kB) |
|
Text
4. Halaman Pengesahan.pdf Download (116kB) |
|
Text
2. Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (99kB) |
|
Text
14. ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (388kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
Text
162-IP--LAMPIRAN 1502012021.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) |
Abstract
Penelitian ini akan membahas persepsi terhadap profesi pustakawan oleh pemustaka di Perpustakaan Pusat BI Jakarta. Tujuan penelitian: 1. Untuk mengetahui sejauh mana persepsi pemustaka di Perpustakaan Pusat Bank Indonesia Jakarta terhadap profesi pustakawan di Perpustakaan Bank Indonesia, 2. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya peran Pustakawan Bank Indonesia dalam menunjang kinerja pegawai di lingkungan Bank Indonesia, 3. Untuk mengetahui tinjauan Islam terhadap Profesi Pustakawan. Metode penelitian deskriptif kuantitatif yang diperoleh melalui survei, wawancara dan penyebaran kuesioner kepada responden yang sudah ditentukan jumlahnya sebanyak 94 responden. Hasil penelitian: memberikan jawaban yang diperoleh dari responden mengenai persepsi terhadap profesi pustakawan dari tiga item utama pertanyaan yang disebarkan melalui kuesioner, diantaranya: 1. Kompetensi pegawai (pengetahuan 85,11% setuju; pemahaman 80,85% setuju; keterampilan 92,55% setuju; Sikap 88,30% setuju), 2. Fasilitas perpustakaan (ruang baca 67,02% setuju dan 13,83% kurang setuju; peralatan perpustakaan 95,74% setuju; koleksi 92,55% setuju), 3. Kualitas pelayanan (kerapian 92,55% setuju; penanganan kartu anggota 92,55% setuju; daya tanggap 93,62% setuju; pelayanan 90,43% setuju; sikap empati petugas 95,74% setuju). Hasil dari penelitian ini menyatakankan bahwa kompetensi pegawai tentang pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan sikap petugas > 70% menunjukan kategori ideal, Fasilitas perpustakaan tentang ruang perpustakaan < 70% sedangkan Kualitas Pelayanan tentang kerapian, penampilan, daya tanggap, pelayanan petugas dan sikap empati > 70% menunjukan hasil yang bagus. Dilihat Dari Sudut Pandang Islam bahwa dijelaskan mengenai pekerjaan atau profesi yang Allah SWT perintahkan agar umatnya bekerja. Islam juga mewajibkan penganutnya untuk bekerja sesuai dengan syari’at yang teah ditetapkan oleh Rasul melaui Firman Allah SWT dalam Surat At- Taubah Ayat 105: “Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta oarang�orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (ALLAH SWT) Yang Mengetahui akan ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.”
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-162-IP |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Perpustakaan Khusus, dan Profesi Pustakawan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:29 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 11:26 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/5797 |
Actions (login required)
View Item |