Search for collections on Universitas YARSI Repository

HUBUNGAN PENGGUNAAN MENTORING DENGAN INDEKS PRESTASI (IP) SEMESTER PERTAMA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI TAHUN AKADEMIK 2016/2017 DAN TINJAUANNYA DARI SUDUT PANDANG ISLAM

ULFIA, HANA NABILA (2017) HUBUNGAN PENGGUNAAN MENTORING DENGAN INDEKS PRESTASI (IP) SEMESTER PERTAMA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI TAHUN AKADEMIK 2016/2017 DAN TINJAUANNYA DARI SUDUT PANDANG ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (205kB)
[img] Text
02.LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
05.ABSTRAK DAN KATA KUNCI.pdf

Download (220kB)
[img] Text
08. BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text
09.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
10.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
11.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
12.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
13.BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img]
Preview
Text
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Pada masa awal pendidikan mahasiswa berada pada masa transisi dalam sistem pembelajaran sehingga diperlukan pemahaman materi yang lebih yang dapat dibantu dengan mentoring. Dengan mentoring diharapkan mahasiswa tingkat pertama dapat memiliki pemahaman pembelajaran maksimal serta dapat meraih indeks prestasi yang maksimal. Mentoring merupakan salah satu cara berbagi ilmu pengetahuan sebagaimana Islam mewajibkan umatnya untuk selalu menuntut ilmu. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan mentoring dengan IP semester pertama di FKUY tahun akademik 2016/2017 dan tinjauannya dari sudut pandang Islam. Metode: Penelitian dilakukan dengan pendekatan survey analitik secara cross sectional. Populasi dan sampel adalah Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Tahun Akademik 2016/2017. Sampel dipilih dengan menggunakan whole sampling dengan syarat memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan data primer dilakukan dengan penyebaran kuesioner, pengambilan data sekunder berupa nilai IP diperoleh dari arsip P2K Universitas YARSI, serta daftar hadir program mentoring diperoleh dari Senat FKUY departemen P&K. Data dilakukan dengan uji chi-square. Hasil:Sebesar 67% Responden termasuk kategori sering mengikuti mentoring dan 112 responden (56,6%) termasuk kedalam IP memuaskan. Dari hasil uji statistik menggunakan uji chi-square didapatkan nilai P= 0,002. Simpulan: Didapatkan hubungan antara penggunaan mentoring dengan nilai IP semester pertama pada mahasiswa FKUY Tahun Akademik 2016/2017. Menurut Islam mahasiswa yang aktif dan bersungguh-sungguh mengikuti mentoring dan mentaati aturan yang dibuat Allah, Rasulullah dan Ulil Amri seperti aturan pendidikan yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi akan mempengaruhi keberhasilannya dalam memperoleh indeks prestasi yang lebih tinggi, sebagaimana firman Allah: “Dan bahwa tiadalah yang akan diperoleh manusia hanyalah sekedar hasil usahanya. Usahanya itu akan dilihat, kemudian akan diberikan padanya ganjaran sepenuhnya. Dan hanya kepada tuhanmulah kesudahan (segala sesuatu)” (Q.S. An-Najm (53) : 39-41). Kata Kunci: Mentoring, indeks prestasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-6322-FK
Uncontrolled Keywords: Mentoring, indeks prestasi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:26
Last Modified: 22 Oct 2021 06:59
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/4497

Actions (login required)

View Item View Item