Akbar, Muhamad Reynaldi (2022) ANALISIS PIHAK YANG BERKEPENTINGAN DALAM SENGKETA MEREK PERUSAHAAN ASING AJINOMOTO CO., INC., MELAWAN MATSUI KOSHI LIMITED (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 543K/PDT.SUS-HKI/2019). Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
01. Cover Muhamad Reynaldi.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
05. Halaman Pengesahan Muhamad Reynaldi.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
03. Pernyataan Orisinalitas Skripsi Muhamad Reynaldi.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
08. Abstrak Muhamad Reynaldi.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab 1--1302017056.pdf Download (750kB) | Preview |
|
|
Text
15. Daftar Pustaka--1302017056.pdf Download (411kB) | Preview |
|
Text
11. BAB 2--1302017056.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
||
Text
12. BAB 3--1302017056.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
||
Text
13. BAB 4--1302017056.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
||
Text
14. BAB 5--1302017056.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya sengketa merek dua perusahaan asing di Indonesia, yaitu perusahaan Ajinomoto Co., Inc. yang ingin mendaftarkan merek “BLENDY” miliknya di Instansi terkait. Namun, merek “BLENDY” tersebut sudah terdaftar atas nama Matsui Koshi Limited. Perusahaan Ajinomoto Co., Inc. merasa bahwa perusahaannya adalah pihak ketiga yang memiliki kepentingan untuk menghapus merek “BLENDY” Matsui Koshi Limited dari Daftar Umum Merek karena sudah tidak dugunakan selama 3 (tiga) tahun berturut-turut. Adapun permasalahan pada penelitian ini apakah perusahaan Ajinomoto Co., Inc. sebagai pihak yang memiliki kepentingan sesuai dengan Pasal 74 ayat (1) Undang�Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Indikasi Geografis yang mana Pasal tersebut menimbulkan norma kabur dan Pertimbangan Hakim dalam Putusan Nomor 543K/Pdt.Sus-HKI/2019 serta pandangan Islam tentang kepemilikan merek. Penelitian ini menggunakan metode normatif dengan mengandalkan peraturan perundang-undangan dan pendekatan analisis. Berdasarkan hasil penelitian, Perusahaan Ajinomoto Co., Inc. hanya memenuhi kualifikasi/kriteria sebagai pihak ketiga saja dan tidak bisa melaksananakan penghapusan merek ”BLENDY” atas nama Matsui Koshi Limited karena selain merek tersebut masih digunakan, pihak Ajinomoto Co., Inc. ditolak gugatannya oleh Majelis Hakim bahwa pihak Ajinomoto Co., Inc. tidak bisa membuktikan bahwa merek tersebut tidak digunakan selama 3 (tiga) tahun berturut-turut. Pertimbangan Hakim pada Putusan Nomor 543K/Pdt.Sus/HKI/2019 sudah tepat penerapan hukumnya sesuai dengan asas first to file. Pihak yang berkepentingan menurut pandangan Islam dapat dikategorikan sebagai harta (mal), kepemilikan (milkiyyah) dan lisensi (Ijaroh).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-820-FH |
Uncontrolled Keywords: | Merek, Kepentingan, Sengketa Merek. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce K Law > K Law (General) T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 22 May 2024 14:34 |
Last Modified: | 22 May 2024 14:34 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/13170 |
Actions (login required)
View Item |