Nurhayati, Afifah (2023) PENERAPAN MODEL THE SEVEN PILLARS UNTUK MENGUKUR TINGKAT LITERASI INFORMASI PADA MAHASISWA S - 1 UNIVERSITAS YARSI. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
COVER.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
||
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat literasi informasi berdasarkan model The Seven Pillars pada mahasiswa S-1 Universitas YARSI dan untuk mengetahui perbedaan tingkat literasi informasi antar fakultas berdasarkan model tersebut. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Aspek-aspek yang diteliti dalam model The Seven Pillars meliputi identify, scope, plan, gather, evaluate, manage, dan present. Sampel penelitian terdiri dari 97 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik proportionated stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi informasi mahasiswa S-1 Universitas YARSI berdasarkan model The Seven Pillars dikategorikan "sangat baik" dengan total skor 4,31. Berdasarkan indikator�indikator dari The Seven Pillars, indikator yang paling tinggi adalah PLAN dengan total skor 4,41. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan adanya perbedaan tingkat literasi informasi antar program studi. Berdasarkan hasil uji ANOVA, nilai signifikansi pada tabel (0,000) lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat perbedaan tingkat literasi informasi antara program studi secara signifikan. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa mahasiswa S-1 Universitas YARSI memiliki tingkat literasi informasi yang tinggi berdasarkan model The Seven Pillars, dengan fokus utama pada merancang strategis dalam mencari informasi. Selain itu, terdapat perbedaan tingkat literasi informasi antar program studi. Dari semua indikator dalam The Seven Pillars, program studi manajemen yang paling menonjol dalam kemampuan tingkat literasi informasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-355-IP |
Uncontrolled Keywords: | literasi informasi, the seven pillars, Universitas YARSI |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Depositing User: | Afifah Nurhayati |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 10:32 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 12:57 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12205 |
Actions (login required)
View Item |