Mutaqin, Fajri Nur (2021) HUBUNGAN ANTARA DIMENSI-DIMENSI ACADEMIC SELF-EFFICACY DENGAN RESILIENSI AKADEMIK PADA SANTRI DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR SERTA TINJAUANNYA MENURUT ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
01. Cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan 1602017018.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pernyataan 1602017018.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
07. ABSTRAK.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
Text
14. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
||
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
||
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
||
Text
18. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
||
Text
20. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
Abstract
Setiap pelajar yang menempuh pendidikan memiliki tantangan dan permasalahan akademik, termasuk santri yang belajar di pesantren. Salah satu kategori santri yang memiliki tantangan akademik yang cukup berat dibandingkan santri lainnya adalah santri kelas lima. Beberapa permasalahan yang dialami oleh santri kelas lima diantaranya menjadi pengurus asrama yang mengawasi dan menjaga anggota selama berada di asrama, mengajarkan dan menerapkan bahasa Arab dan Inggris untuk dirinya juga kepada anggota, serta waktu belajar yang lebih padat dibandingkan dengan sekolah umum lainnya. Untuk menghadapi tantangan tersebut maka diperlukan daya lenting terhadap permasalahan yang dikenal dengan istilah resiliensi akademik. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat hubungan antara academic self-efficacy dengan resiliensi akademik pada santri di Pondok Modern Darussalam Gontor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe korelasional. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 267 santri kelas lima di Pondok Modern Darussalam Gontor yang terbagi dalam 18 kelas. Penelitian ini menggunakan alat ukur Academic Self-Efficacy Scale (ASES) dan Resiliensi Akademik versi Indonesia. Hasilnya, ditemukan bahwa terdapat hubungan antara academic self-efficacy dengan resiliensi akademik pada santri kelas 5 di Pondok Modern Darusssalam Gontor, dimana dimensi Interpersonal Climate menunjukkan hubungan yang lebih kuat dan signifikan dengan tiap-tiap dimensi pada resiliensi akademik dari pada dimensi Self�Engagement, Self-Oriented Decision Making, dan Others-Oriented Problem Solving. Dalam perspektif Islam, academic self-efficacy berhubungan dengan resiliensi akademik pada santri di Pondok Modern Darussalam Gontor. Hal tersebut karena keduanya merupakan sarana bagi individu untuk mencapai derajat ketakwaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-392-PSI |
Uncontrolled Keywords: | Academic Self-Efficacy, Resiliensi Akademik, Santri |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 08:28 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 08:28 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11103 |
Actions (login required)
View Item |