Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERAN LOCUS OF CONTROL DAN SIKAP PRO RISIKO TERHADAP PERILAKU MENGEMUDI BERISIKO SERTA TINJAUANNYA DALAM ISLAM

Rachmatunnisa, Firdha (2021) PERAN LOCUS OF CONTROL DAN SIKAP PRO RISIKO TERHADAP PERILAKU MENGEMUDI BERISIKO SERTA TINJAUANNYA DALAM ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pernyataan Orisinalitas - Firdha Rachmatunnisa.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text
14. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
18. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
20. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)

Abstract

Kecelakaan merupakan penyebab utama kematian dan didominasi oleh faktor perilaku pengendara, yaitu perilaku mengemudi berisiko yang dipengaruhi oleh faktor psikologis, yaitu locus of control dan sikap pro risiko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peran locus of control dan sikap pro risiko terhadap perilaku mengemudi berisiko. Dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling dan melibatkan 88 partisipan laki-laki berusia 18-25 tahun, yang merupakan 41 pengemudi mobil dan 65 pengendara sepeda motor. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non-eksperimen, validitas content, dan reliabilitas single trial alpha cronbach. Instrumen yang digunakan adalah Risky Driving Behavior Scale (2011), Traffic-Locus of Control Scale (2005), dan Risk�taking Attitude Scale (2002). Hasilnya menunjukkan bahwa skor Traffic-Locus of Control dimensi self dan sikap pro risiko secara bersama-sama diprediksi mampu menjelaskan 35,2% varians dari perilaku mengemudi berisiko, adj R2=0.352, F(85, 87)=24.58, p<0.05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat peran locus of control dan sikap pro risiko yang signifikan terhadap perilaku mengemudi berisiko secara sebagian, yaitu locus of control pada dimensi self dan sikap pro risiko. Hasil penelitian ini bisa menjadi salah satu edukasi bagi para pengendara untuk memikirkan keselamatan diri sendiri dan orang lain agar dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan. Menurut pandangan Islam terdapat peran locus of control dan sikap pro risiko terhadap perilaku mengemudi berisiko. Hal ini dikarenakan locus of control bebas memilih perbuatan apa yang akan dilakukan dan akan dipertanggung jawabkan dikemudian hari, sehingga sebagai seorang pengendara Muslim tidak akan melakukan perilaku mengemudi berisiko. Begitupun sikap pro risiko, melakukan perilaku mengemudi berisiko hukumnya haram, sehingga menunjukkan sikap yang mendukung adanya perilaku yang membahayakan juga dilarang dalam Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-384-PSI
Uncontrolled Keywords: Perilaku Mengemudi Berisiko, Locus of Control, Sikap Pro Risiko.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2023 04:11
Last Modified: 16 Mar 2023 04:11
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11091

Actions (login required)

View Item View Item