Astuti, Siti Indriyani (2022) APLIKASI PEMBELAJARAN ETIOLOGI, PATOFISIOLOGI, DAN KONSERVASI PADA PENYAKIT KARIES GIGI BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
1. Cover Sampul.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
5. Halaman Pengesahan.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
4. Halaman Pengesahan Orisinalitas.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
12. Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
18. Daftar Pustaka.pdf Download (127kB) | Preview |
|
Text
13. Bab 2 Tinjauan Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
||
Text
14. Bab 3 Metodologi Penelitian.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text
15. Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
16. Bab 5 Tinjauan Islam Terhadap Perancangan Aplikasi Pembelajaran Etiologi, Patofisiologi, dan Konservasi Pada Penyakit Gigi Karies Berbasis Android.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
||
Text
17. Bab 6 Kesimpulan dan Saran.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
||
Text
19. Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (997kB) |
Abstract
Penyakit gigi dan mulut yang mempunyai kasus cukup tinggi di Indonesia, terutama penyakit karies gigi. Karies gigi merupakan kerusakan jaringan keras gigi yang dipicu oleh reaksi asam dari bakteri membuat keadaan pH disekitar rongga mulut menurun yang membuat terkikisnya kalsium dan fosfat dari enamel gigi secara perlahan sehingga mengakibatkan kerusakan lubang pada gigi. Dalam kemajuan teknologi di bidang pendidikan, pembelajaran terkait adanya penyakit karies gigi di akademisi kedokteran memerlukan media pembelajaran yang tepat, bukan hanya media secara konvensional yang menggunakan alat peraga, jurnal ilmiah, buku secara text book ataupun e-book. Proses pembelajaran memerlukan media yang interaktif dan memudahkan mahasiswa kedokteran gigi mempelajari suatu kondisi penyakit karies secara spesifik. Adanya penelitian ini dilakukan untuk membuat media aplikasi pembelajaran Etiologi, Patofisiologi, dan Konservasi Pada Gigi Karies Berbasis Android. Pembangunan aplikasi bertujuan untuk menguji kelayakan dari aplikasi pembelajaran Etiologi, Patofisiologi, dan Konservasi Pada Gigi Karies Berbasis Android menggunakan pengujian SUS, dan melihat bagaiman tinjauan islam terkait adanya aplikasi pembelajaran Etiologi, Patofisiologi, dan Konservasi Pada Gigi Karies Berbasis Android memberikan pengetahuan mengenai materi pembelajaran dan kesehatan gigi. Metode penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan (Research & Development) dan metode perancangan aplikasi menggunakan pengembangan sistem yaitu Metode Prototype. Dari penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi pembelajaran Etiologi, Patofisiologi, dan Konservasi Pada Gigi Karies Berbasis Android yang dapat disebut Karies Learning. Hasil uji kelayakan aplikasi Karies Learning menggunakan perhitungan SUS dengan 30 responden mendapatkan nilai 82%, yang mendapatkan grade B dan hasil adjectives rating termasuk dalam kategori excellent serta mendapatkan acceptable untuk hasil acceptability ranges. Dan dalam tinjauan Islam, aplikasi pembelajaran etiologi, patofisiologi dan konservasi pada penyakit karies gigi berbasis android sesuai dengan kaidah Islam. Sesuai dengan perintah Agama Islam dalam Al-Qur’an bahwa pentingnya menimba ilmu dan juga pentingnya menjaga kesehatan serta kebersihan, terutama kebersihan tubuh. Karena menurut Hadits, kebersihan itu sebagian dari Iman.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-781-FTI |
Uncontrolled Keywords: | Gigi, Karies, Aplikasi Pembelajaran, Unity, Universitas Yarsi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RK Dentistry T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | Siti Astuti |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 03:04 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 03:04 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10543 |
Actions (login required)
View Item |