Prasetiyo, Tri (2022) ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN REFERENCE MANAGER MENDELEY PADA MAHASISWA SEMESTER 6 DAN 8 (T.A 2019/2020 & 2018/2019) PROGRAM STUDI PERPUSTAKAAN & SAINS INFORMASI UNIVERSITAS YARSI. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
Halaman Sampul.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (793kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) |
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengukur pemahaman aplikasi perangkat lunak Mendeley bagi mahasiswa di semester 6 dan 8 dalam pembuatan karya tulis ilmiah karena mahasiswa pada semester 6 dan 8 akan melakukan karya tulis ilmiah berupa laporan magang, laporan KKN, dan skripsi, sehingga dapat dipastikan aplikasi pengelola referensi seperti Mendeley akan sangat membantu dalam penulisan karya ilmiah tersebut. Dengan menggunakan metode pengukuran Usabilitas ISO/IEC 9241-11 berdasarkan keempat karaktertistik sebagai indikator yaitu Understandability, Learnability, Operability, dan Attractiveness. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa perpustakaan dan sains informasi universitas yarsi semester 6 dan 8 tahun ajaran 2019/2020 dan 2018/2019. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 80 orang. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling yaitu simple random sampling atau pemilihan orang secara acak dan menyebarkan angket kepada responden tersebut. Penelitian mendapatkan hasil bahwa dari tingkat (understandability) pada Mendeley sebesar 92%, tingkat (learnability) pada Mendeley sebesar 85,90%, tingkat (operability) pada Mendeley sebesar 88,10%, dan tingkat (attractiveness) pada Mendeley sebesar 92,40%. Hasil dari empat indikator yang menjadi penilaian, semuanya hampir mendekati angka 100%. Berdasarkan hasil tersebut kesimpulan dari penelitian yang didapat adalah bahwa pada umumnya mahasiswa semester 6 dan 8 tahun ajaran 2019/2020 dan 2018/2019 Universitas YARSI sudah paham bagaimana cara memahami, mempelajari, mengoperasikan Mendeley juga bagaimana aplikasi Mendeley dinilai dari segi ketertarikan untuk pengguna.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-294-IP |
Uncontrolled Keywords: | Mendeley, Usabilitas, ISO/IEC 9241 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Depositing User: | Tri Prasetiyo |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 04:02 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 04:02 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10028 |
Actions (login required)
View Item |