Arafi, Fadilah (2022) ANALISIS USABILITY SISTEM PERPUSTAKAAN TERINTEGRASI SCHILS MENGGUNAKAN METODE SOFTWARE USABILITY MEASUREMENT INVENTORY (SUMI). Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
Cover.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (67kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
||
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) |
Abstract
Untuk menunjang kegiatan sehari-hari yang berjalan pada perpustakaan, perpustakaan dituntut untuk perlu memanfaatkan akan kehadiran teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Sistem perpustakaan terintegrasi atau Integrated Library System (ILS) adalah salah satu perangkat yang diwajibkan pada perpustakaan. Studi dalam pengukuran tingkat usability atau kegunaan pada sistem perpustakaan terintegrasi dengan menggunakan Software Usability Measurements Inventory (SUMI) masih terbatas. Belum banyak ditemukannya penggunaan SUMI untuk analisis usability sistem perpustakaan terintegrasi terutama SchILS (School Integrated Library System) mengindikasikan belum banyaknya studi mengenai sistem perpustakaan terintegrasi menggunakan metode SUMI. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa tingkat kegunaan (usability) sistem perpustakaan terintegrasi SchILS. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif menggunakan Software Usability Measurement Inventory (SUMI) sebagai kuesioner langsung dan 20 responden ditetapkan sesuai SUMI dari seluruh pengguna ILS SchILS. Analisis data yang digunakan adalah scoring, dengan hasil yang ditemukan dua dari lima aspek usability berdasarkan SUMI masih di bawah rata-rata >50 (Efficiency dan Learnability). Hasil ini membuktikan bahwa aplikasi cukup layak digunakan sesuai standar SUMI.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-297-IP |
Uncontrolled Keywords: | Usability Sistem Perpustakaan SchILS, Sistem Perpustakaan Terintegrasi, School Integrated Library System, Software Usability Measurement Inventory |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Depositing User: | Fadilah Arafi |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 04:34 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 04:34 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10024 |
Actions (login required)
View Item |