Adilla, Rivankha Dwy (2022) PENGARUH PEMBERIAN MEDIA EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN MENGENAI ZOOM FATIGUE DALAM PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XII SMAN 72 JAKARTA. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
Cover_Rivankha Dwy Adilla.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan_Rivankha Dwy Adilla.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pernyataan Orisinalitas_Rivankha Dwy Adilla.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak_Rivankha Dwy Adilla.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1_Rivankha Dwy Adilla.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka_Rivankha Dwy Adilla.pdf Download (189kB) | Preview |
|
Text
BAB 2_Rivankha Dwy Adilla.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
||
Text
BAB 3_Rivankha Dwy Adilla.pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) |
||
Text
BAB 4_Rivankha Dwy Adilla.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) |
||
Text
BAB 5_Rivankha Dwy Adilla.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
||
Text
BAB 6_Rivankha Dwy Adilla.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
||
Text
Lampiran_Rivankha Dwy Adilla.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh edukasi kesehatan melalui media video terhadap peningkatan pengetahuan mengenai Zoom fatigue dalam pembelajaran selama pandemi Covid-19 pada siswa kelas XII SMAN 72 Jakarta dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pengetahuan siswa kelas XII SMAN 72 Jakarta mengenai Zoom fatigue dalam pembelajaran selama pandemi Covid-19. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas XII SMAN 72 Jakarta dengan sampel sebesar 69 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen one group pretest-posttest design. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t Test non parametric memperlihatkan nilai Asymp.Sig sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah perlakuan penggunaan video edukasi maka H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu, diketahui nilai rata-rata sebelum diberikan literasi kesehatan yaitu sebesar 73.77 dan setelah diberi perlakuan, pengetahuan siswa kelas XII SMAN 72 Jakarta mengenai Zoom fatigue dalam pembelajaran selama pandemi Covid-19 menjadi meningkat sebesar 97.45. Dapat dikatakan bahwa media video dapat meningkatkan pengetahuan siswa kelas XII SMAN 72 Jakarta mengenai Zoom fatigue dalam pembelajaran selama pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-313-IP |
Uncontrolled Keywords: | Edukasi kesehatan, media edukasi, media video, video edukasi, Zoom fatigue |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education R Medicine > RA Public aspects of medicine T Technology > T Technology (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Depositing User: | RIVANKHA ADILLA |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 03:51 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 03:51 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/9726 |
Actions (login required)
View Item |