Search for collections on Universitas YARSI Repository

Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Serta Tinjauannya Menurut Islam

Rani, Fatma (2020) Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Serta Tinjauannya Menurut Islam. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 01. Cover - Fatma Rani.pdf] Text
01. Cover - Fatma Rani.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of 07. Abstrak - Fatma Rani.pdf] Text
07. Abstrak - Fatma Rani.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 04. Lembar Pengesahan - Fatma Rani.pdf] Text
04. Lembar Pengesahan - Fatma Rani.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 13. Bab 1 - Fatma Rani.pdf] Text
13. Bab 1 - Fatma Rani.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 19. Daftar Pustaka - Fatma Rani.pdf] Text
19. Daftar Pustaka - Fatma Rani.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 14. Bab 2 - Fatma Rani.pdf] Text
14. Bab 2 - Fatma Rani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of 15. Bab 3 - Fatma Rani.pdf] Text
15. Bab 3 - Fatma Rani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of 16. Bab 4 - Fatma Rani.pdf] Text
16. Bab 4 - Fatma Rani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of 17. Bab 5 - Fatma Rani.pdf] Text
17. Bab 5 - Fatma Rani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[thumbnail of 18. Bab 6 - Fatma Rani.pdf] Text
18. Bab 6 - Fatma Rani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[thumbnail of 20. Lampiran - Fatma Rani.pdf] Text
20. Lampiran - Fatma Rani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 180 mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi yang diperoleh melalui teknik incidental sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah The Academic Resilience Scale (ARS-30) (α=0,914) untuk mengukur resiliensi akademik yang terdiri dari tiga dimensi, yaitu ketekunan (perseverance), refleksi & mencari bantuan (reflecting and adaptive help-seeking) dan afek negatif & respon emosional (negative affect and emotional response) serta The Multidimensional Scale Of Perceived Social Support (MSPSS) (α=0,712) untuk mengukur dukungan sosial teman sebaya yang memiliki sumber dukungan sosial yang berasal dari teman. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik (r=0.558, p<.001). Artinya, semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya, semakin tinggi pula resiliensi akademik mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi diharapkan untuk memiliki resiliensi akademik yang tinggi, agar mahasiswa tersebut mampu untuk menghadapi kesulitan-kesulitan yang dialami ketika sedang mengerjakan skripsi dan diharapkan untuk saling memberi dukungan satu sama lain dalam proses mengerjakan skripsi. Tinjauan islam mengenai hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, menunjukkan bahwa dukungan sosial teman sebaya berhubungan dengan resiliensi akademik menurut pandangan islam, karena kesulitan yang dialami mahasiswa ketika mengerjakan skripsi merupakan sebuah ujian atau cobaan. Tinjauan Islam menunjukkan bahwa dukungan sosial teman sebaya berhubungan dengan resiliensi akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-380-PSI
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial teman sebaya, resiliensi akademik, mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 15 Dec 2021 09:49
Last Modified: 15 Dec 2021 09:49
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/9199

Actions (login required)

View Item View Item