Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD DAN TINJAUANNYA DARI SUDUT PANDANG ISLAM (Studi Pada PT. Unilever Indonesia, Tbk Periode 2014 - 2015)

Rahmadiana, Elsy Aulia (2016) PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD DAN TINJAUANNYA DARI SUDUT PANDANG ISLAM (Studi Pada PT. Unilever Indonesia, Tbk Periode 2014 - 2015). Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan Sidang.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pernyataan.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB 1 unilever.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFPUS.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
10. BAB 2 unilever.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
11. BAB 3 unilever.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
12. .BAB 4 unilever.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text
13. BAB 5 unilever.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
14. Bab 6 unilever.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
16. Lampiran 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)

Abstract

Secara garis besar tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja PT. Unilever Indonesia Tbk berdasarkan 4 (empat) perspektif dalam balanced scorecard yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dan tinjauannya dari sudut pandang Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan data kuantitatif dan kualitatif dimana sumber data yang digunakan adalah data sekunder dan primer. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan dan pelanggan PT. Unilever Indonesia Tbk dengan jumlah sampel sebanyak 40 (empat puluh) karyawan dan 70 (tujuh puluh) pelanggan. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan teknik analisis data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas dengan mengunakan spss versi 20.0. Dari hasil perhitungan keempat perspektif balanced scorecard dapat diketahui persentase kinerja yang dicapai PT. Unilever Indonesia Tbk yang adalah sebesar 85,7% dari tolok ukur yang digunakan untuk melakukan kinerja perusahaan yang sangat baik. Hal ini ditunjukkan dari hasil masing – masing tolok ukur yang digunakan, yang pertama perspektif keuangan yang tidak begitu baik karena current ratio menurun sebesar 5,9%, tetapi dari segi total debt to asset ratio perusahaan mengalami peningkatan sebesar 2,5%, namun return on investment mengalami penurunan sebesar 4,3%, dan juga total asset turn over yang menurun sebesar 0,1. Perspektif pelanggan dikatagorikan baik serta naiknya profitabilitas pelanggan pada tahun 2015, perpektif proses bisnis internal pun dikatagorikan puas. Terakhir, pespektif pembelajaran dan pertumbuhan yang juga dikatagorikan puas dan baik serta retensi, produktivitas, dan tingkat pelatihan karyawannya lebih baik dari tahun 2014.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-570-FE
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:35
Last Modified: 02 May 2024 13:08
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/7798

Actions (login required)

View Item View Item