Hidayati, Rahmi Nur (2017) PEMAKNAAN PASIEN TERHADAP KOMUNIKASI PELAYANAN KESEHATAN DOKTER YANG BERTUGAS DI KLINIK DAN PUSKESMAS DI JAKARTA SERTA TINJAUAN DALAM ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
1. Cover Skripsi.pdf Download (9kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (51kB) |
|
Text
13. ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text
21. Daftar Pustaka.pdf Download (252kB) |
|
Text
15. BAB I.pdf Download (296kB) |
|
Text
16. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
|
Text
17. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
Text
18. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
|
Text
19. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
|
Text
20. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (37kB) |
Abstract
Penelitian ini mencoba memahami fenomena pemaknaan pasien terhadap komunikasi pelayanan kesehatan dokter di fasilitas kesehatan primer yaitu klinik dan Puskesmas. Tujuan penelitian ini yaitu memahami esensi pengalaman pasien dan pemaknaanya terhadap komunikasi pelayanan kesehatan oleh dokter. Subjek penelitian berjumlah 6 orang, dengan 3 subjek merupakan pasien klinik dan 3 subjek adalah pasien Puskesmas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi, dengan metode pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pemaknaan pada pasien klinik dan pasien Puskesmas terkait komunikasi pelayanan kesehatan dokter yaitu dilihat dari proses komunikasi, unsur-unsur komunikasi dan komunikasi efektif. Dalam mempersepsi komunikasi dokter, antara pasien klinik dan pasien Puskesmas dipengaruhi oleh berbagai faktor yang mana pada pasien klinik lebih dipengaruhi faktor pemersepsi. Sedangkan, pada pasien Puskesmas lebih dipengaruhi oleh faktor target. Dalam pandangan Islam, pasien memaknai bahwasanya dokter merupakan perantara kesembuhan yang diberikan oleh Allah, sehingga dokter dalam memberikan komunikasi pelayanan kesehatan kepada pasien, hendaknya menggunakan komunikasi yang baik sesuai dengan prinsip-prinsip komunikasi Islami.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-190-PSI |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi pasien, Komunikasi kesehatan, Kualitatif |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:31 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 04:18 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6418 |
Actions (login required)
View Item |