Search for collections on Universitas YARSI Repository

PENGARUH INTERVENSI PENYULUHAN CARA MENYIKAT GIGI TERHADAP STATUS OHIS PADA SISWA KELAS 4 DI SDN RAWASARI 05 PAGI

Yuliyansih, Olva Atsarina (2015) PENGARUH INTERVENSI PENYULUHAN CARA MENYIKAT GIGI TERHADAP STATUS OHIS PADA SISWA KELAS 4 DI SDN RAWASARI 05 PAGI. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN - OLVA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN ORISINALITAS-OLVA.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstract.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
6. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
7. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
8. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
9. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
10. BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
11. BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
13. lampiran2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Menyikat gigi merupakan salah satu cara yang efektif untuk membersihkan gigi dari makanan dan kotoran yang tersisa. Namun, anak-anak masih memiliki kemampuan yang kurang dalam menyikat gigi dan menjaga kebersihan mulut. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dalam menyikat gigi dan menjaga kebersihan mulut adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan dengan metode demonstrasi. Teknik modifikasi Bass terbukti efektif untuk menjaga kebersihan mulut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-post experimental. Sampel penelitian adalah 50 anak dengan teknik pengambilan sampel total sampling, satu anak memiliki kriteria eksklusi, sehingga total adalah 49 anak. 24 anak pada kelompok A dan 25 anak pada kelompok B. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan kartu sikat gigi. Analisis data menggunakan Paired t-test dan Independent t-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan p=0,000 (< 0,005) artinya, ada pengaruh penyuluhan metode demonstrasi dengan oral hygiene pada kelompok A dan B. Membandingkan kelompok A yang diberi penyuluhan dan kartu sikat gigi dengan kelompok B yang hanya diberi penyuluhan didapat hasil p=0,968 (> 0,05) artinya, tidak ada pengaruh yang signifikan antara kelompok A dan B. Metoda demonstrasi merupakan penyuluhan yang efektif untuk meningkatkan kebersihan mulut pada anak usia Sekolah, tetapi tidak terdapat perbedaan antara kelompok A yang diberi penyuluhan dan kartu sikat gigi dengan kelompok B yang hanya diberi penyuluhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-16-KG
Uncontrolled Keywords: menyikat gigi, kebersihan mulut, metode demonstrasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RK Dentistry
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:26
Last Modified: 13 Apr 2022 06:01
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/4608

Actions (login required)

View Item View Item