Search for collections on Universitas YARSI Repository

TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN TELEDENTISTRY DI RSGM YARSI DAN TINJAUANNYA DARI SISI ISLAM

Puspitasari, Berlian (2023) TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN TELEDENTISTRY DI RSGM YARSI DAN TINJAUANNYA DARI SISI ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Text
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text
08. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
09. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
10. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
11. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
12. BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)

Abstract

Latar belakang: Wabah COVID-19 yang melanda dunia terutama Indonesia. Wabah ini mempengaruhi kehidupan manusia terutama pada bidang kedokteran gigi. Tingginya penularan penyakit ini dari droplet menimbulkan kekhawatiran masyarakat dan dokter gigi akan tertularnya virus ini sehingga teledentistry merupakan pilihan yang dapat dilakukan untuk konsultasi jarak jauh. Pelayanan teledentistry salah satunya terdapat di RSGM YARSI. Indikator keberhasilan penggunaan pelayanan teledentistry adalah kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan hasil penilaian pasien terhadap pelayanan kesehatan di rumah sakit. Konsep penting Maqashid Syariah adalah mewujudkan kebaikan, menghindari keburukan dan menolak mudharat Tujuan: Untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien pada pelayanan teledentistry di RSGM YARSI dan tinjauannya dari sisi Islam. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Responden pada penelitian ini yaitu 72 pasien di RSGM YARSI. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner. Hasil: Berdasarkan uji Chi-Square, didapatkan hasil kepuasan pasien pada pelayanan teledentistry tinggi dan berdasarkan variabel pendidikan, komunikasi, dan media terhadap tingkat kepuasan pasien pada pelayanan teledentistry didapatkan hasil signifikan (P<0,05). Kesimpulan: Pendidikan, komunikasi, dan media berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien pada pelayanan teledentistry di RSGM YARSI dan Islam memotivasi pemanfaatan teknologi yang membawa kemaslahatan bagi pasien

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-325-KG
Uncontrolled Keywords: COVID-19, kepuasan pasien, Pelayanan, Teledentistry
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RK Dentistry
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Berlian Puspitasari
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:44
Last Modified: 23 Apr 2024 08:44
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11962

Actions (login required)

View Item View Item