Pasha, Imam Rahmatullah Maulana (2021) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS DAN HAFALAN AL-QUR’AN TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI ANGKATAN 2017 DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
01. COVER.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
02. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
03. SURAT PER NYATAAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
04. ABSTRAK.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
07. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text
08. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
||
Text
09. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
Text
10. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
||
Text
11. BAB V HUBUNGAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS DAN HAFALAN ALQUR’AN.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
||
Text
12. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
Abstract
Latar Belakang : Dengan perkembangan informasi yang begitu pesatnya, seorang mahasiswa diharuskan untuk mengambil informasi dari teks yang berbahasa Inggris, sehingga memerlukan kemampuan berbahasa inggris yang memadai. Dalam hal inipeningkatan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa global memiliki pengaruh besar dalam sistem pendidikan di seluruh dunia dan tuntutan untuk membaca dalam bahasa asing. Kemampuan memori berperan penting dalam upaya meningkatkan kecerdasan seseorang dengan menghafal Al-Qur’an terbukti dapat meningkatkan kemampuan memori seseorang, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berbahasa inggris dan menghafal Al-Qur’an dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) pada mahasisa/i FK YARSI. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain cross sectional, dengan total sampling mahasiswa/i FK YARSI yang berjumlah 182 orang. Hasil : Berdasarkan hasil penelitian tidak terdapat hubungan antara kemampuan berbahasa inggris dengan IPK mahasiswa (nilai p-value=0,821, OR =1,105 95%CI (0,457-2,670). Tidak ada hubungan antara menghafal Al-Qur’an dengan IPK mahasiswa (nilai p-value=0,826, OR = 1.131 95%CI (0.485-2.638). Kesimpulan : Kemampuan berbahasa inggris dan hafalan Al-Qur’an tidak terbukti memiliki hubungan dengan IPK secara statistik tetapi yang memiliki kemampuan berbahasa inggris dan hafalan Al-Qur’an baik dan memiliki IPK baik memiliki persentase yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang kurang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-6890-FK |
Uncontrolled Keywords: | prestasi, hafalan al-qur'an, kemampuan |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 05:03 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 05:03 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11195 |
Actions (login required)
View Item |