Rachmatunnisa, Firdha (2021) PERAN LOCUS OF CONTROL DAN SIKAP PRO RISIKO TERHADAP PERILAKU MENGEMUDI BERISIKO SERTA TINJAUANNYA DALAM ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
1. COVER.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pernyataan Orisinalitas - Firdha Rachmatunnisa.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text
14. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
||
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
||
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
||
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
||
Text
18. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
||
Text
20. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
Abstract
Kecelakaan merupakan penyebab utama kematian dan didominasi oleh faktor perilaku pengendara, yaitu perilaku mengemudi berisiko yang dipengaruhi oleh faktor psikologis, yaitu locus of control dan sikap pro risiko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peran locus of control dan sikap pro risiko terhadap perilaku mengemudi berisiko. Dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling dan melibatkan 88 partisipan laki-laki berusia 18-25 tahun, yang merupakan 41 pengemudi mobil dan 65 pengendara sepeda motor. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non-eksperimen, validitas content, dan reliabilitas single trial alpha cronbach. Instrumen yang digunakan adalah Risky Driving Behavior Scale (2011), Traffic-Locus of Control Scale (2005), dan Risk�taking Attitude Scale (2002). Hasilnya menunjukkan bahwa skor Traffic-Locus of Control dimensi self dan sikap pro risiko secara bersama-sama diprediksi mampu menjelaskan 35,2% varians dari perilaku mengemudi berisiko, adj R2=0.352, F(85, 87)=24.58, p<0.05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat peran locus of control dan sikap pro risiko yang signifikan terhadap perilaku mengemudi berisiko secara sebagian, yaitu locus of control pada dimensi self dan sikap pro risiko. Hasil penelitian ini bisa menjadi salah satu edukasi bagi para pengendara untuk memikirkan keselamatan diri sendiri dan orang lain agar dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan. Menurut pandangan Islam terdapat peran locus of control dan sikap pro risiko terhadap perilaku mengemudi berisiko. Hal ini dikarenakan locus of control bebas memilih perbuatan apa yang akan dilakukan dan akan dipertanggung jawabkan dikemudian hari, sehingga sebagai seorang pengendara Muslim tidak akan melakukan perilaku mengemudi berisiko. Begitupun sikap pro risiko, melakukan perilaku mengemudi berisiko hukumnya haram, sehingga menunjukkan sikap yang mendukung adanya perilaku yang membahayakan juga dilarang dalam Islam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-384-PSI |
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Mengemudi Berisiko, Locus of Control, Sikap Pro Risiko. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 04:11 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 04:11 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11091 |
Actions (login required)
View Item |