Mawadarrochman, Rofi (2022) HUBUNGAN ANTARA RISK TAKING BEHAVIOUR DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA PENGGUNA E-COMMERCE SERTA TINJAUANNYA DALAM ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
01. COVER.pdf Download (41kB) | Preview |
|
Text
04. LEMBAR PENGESAHAN 1602017063.pdf Download (59kB) |
||
|
Text
02. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
08. ABSTRAK.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (66kB) | Preview |
|
Text
13. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
||
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
||
Text
17. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
||
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
Abstract
Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia saat ini berkembang dengan pesat seiring dengan kemajuan teknologi yang ditandai salah satunya dengan belanja online melalui e-commerce. Belanja online memberikan kemudahan bagi pengguna, antara lain belanja lebih hemat dibandingkan belanja di toko, pembeli tidak perlu berkeliling mencari produk yang dibutuhkan, sehingga dapat menemukan dan memutuskan harga yang tepat, hemat tenaga dan waktu. Dalam berbelanja secara online tentunya setiap individu melakukan proses pengambilan keputusan yang dapat berhubungan dengan impulsive buying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara risk taking behaviour dengan impulsive buying pada pengguna e-commerce. Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 79 orang dengan kriterianya yaitu pengguna e-commerce dan pernah melakukan transaksi suatu barang dalam 3 bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan kuesioner IBT (α = .876) dan alat tes BART. Dengan menggunakan teknik korelasi pearson product moment, ditemukan bahwa tidak terdapat hubungan antara risk taking behaviour dengan impulsive buying. Tidak munculnya hubungan ini dikarenakan alat tes BART yang baru digunakan di Indonesia, sehingga diperlukan uji validitas lebih lanjut. Sedangkan menurut Islam, pengambilan keputusan berisiko atau risk taking behaviour dapat mengarahkan individu kepada impulsive buying atau perilaku boros, sehingga individu dianjurkan untuk memikirkan manfaat dan mudhorot selama melakukan pembelian di e-commerce.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-416-PSI |
Uncontrolled Keywords: | Risk Taking Behaviour, Impulsive Buying, Pengguna E-Commerce |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics H Social Sciences > HF Commerce T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | Rofi Rofi Mawadarrochman Rofi |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 07:00 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 07:00 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10742 |
Actions (login required)
View Item |