Search for collections on Universitas YARSI Repository

HUBUNGAN TEBAL LEMAK PERUT TERHADAP KADAR KOLESTEROL DARAH TOTAL PADA GURU DI SMA AL-AZHAR KELAPA GADING DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM

Putri, Nurul Islami (2019) HUBUNGAN TEBAL LEMAK PERUT TERHADAP KADAR KOLESTEROL DARAH TOTAL PADA GURU DI SMA AL-AZHAR KELAPA GADING DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
01.COVER SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. ABSTRAK DAN KATA KUNCI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. BAB I.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
09. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
13. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)

Abstract

Latar Belakang : Obesitas adalah suatu kondisi dimana lemak tubuh berada dalam jumlah yang berlebihan. lemak akan menghasilkan asam-asam lemak dan kolesterol yang dibutuhkan untuk membentuk membrane sel pada semua organ. Konsumsi lemak yang berlebih dan kurangnya olahraga akan menimbulkan penimbunan lemak hingga obesitas yang akan menyebabkan sel adiposa tidak mampu menyimpan trigliserida secara adekuat, yang akan memicu kenaikan trigliserida dan akhirnya kenaikan kadar LDL sehingga terjadilah hiperkolesterolemia. Maka dari itu, penentuan kegemukan dengan mengukur tebal lemak bawah kulit (skinfold thickness) sangat dianjurkan karena indikator ini merupakan gold standard pengukuran antropometri distribusi lemak tubuh. Dalam pandangan islam, manusia dianjurkan untuk mengkomsumsi makanan yang sehat guna menjaga kesehatan dan tidak pula memakan makanan yang berlebihan. Metode : Studi ini merupakan studi deskriptif analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru SMA AL-AZHAR Kelapa Gading yang memenuhi kriteria inklusi (Guru yang senang memakan makanan berkolesterol dan Bersedia sebagai responden penelitian dengan mengisi informed consent yang ditandatangani) serta kriteria eksklusi (Guru yang telah mengembalikan informed consent namun tidak hadir saat pengambilan sampel dan Guru yang sudah diambil datanya namun belum lengkap). Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil : Hasil penelitian yang dilakukan selama 7 hari diberikan kuisioner serta dilakuan pengecekan dengan skinfold calliper dan cholesterol meter kepada 36 guru di SMA AL-AZHAR Kelapa Gading Jakarta, yang terdiri dari 22 guru laki-laki dan 14 guru perempuan menunjukkan bahwa semakin tebal lemak perut seseorang akan mempengaruhi kadar kolestrol darah. Adapun pengaruh koefisien hubungannya sebesar 0,497 atau 24,7%, yang artinya tebal lemak perut mempengaruhi kadar kolestrol darah responden sebesar 24,7%, sedangkan sisanya diperjelas oleh faktor lain. Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara tebal lemak perut terhdap kadar kolesterol darah total. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tebal lemak perut seseorang akan mempengaruhi kadar kolestrol darah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-6784-FK
Uncontrolled Keywords: kolesterol total, tebal lemak perut
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:54
Last Modified: 30 Jan 2023 03:54
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10670

Actions (login required)

View Item View Item