Armania, Finda (2022) HUBUNGAN MOTIVASI EKSTERNAL DAN INTERNAL DENGAN NILAI UJIAN BLOK MAHASISWA UNIVERSITAS YARSI FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI ANGKATAN 2019 DAN 2020. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
1. COVER.pdf Download (72kB) |
|
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (205kB) |
|
Text
2. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (156kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (287kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
Abstract
Latar belakang: Motivasi belajar merupakan faktor pendorong yang berpengaruh dalam situasi belajar mengajar seperti mengaktifkan, menggerakan, menyalurkan dan mengarahkan sikap dan prilaku peserta didik untuk mencapai tujuan tertentu. Nilai atau hasil belajar adalah kemampuan siswa yang telah didapat setelah selesai mengalami suatu proses belajar. Agama Islam yang rahmatan lil’alamin, sangat mendorong setiap Muslim memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan motivasi eksternal dan internal terhadap nilai ujian blok angkatan 2019 dan 2020 serta untuk mengetahui pandangan Islamnya. Metode: Jenis penelitian analitik korelasi dengan desain penelitian cross sectional. Jumlah responden penelitian ini 76 responden dengan menggunakan metode total sampling. Pengambilan data dilakukan melalui googleform dan data dianalisis dengan uji korelasi spearman dan uji regresi. Hasil: Hasil uji korelasi menunjukkan terdapat hubungan linier positif yang sangat kuat (signifikan) antara motivasi eksternal dan internal angkatan 2019 dan 2020 dengan nilai ujian blok 18 dan blok 10 p=0.001 (p<0.05) dengan koefisien korelasi r=0.744, 0.627, 0.916 dan 0.911 Hasil uji regresi menunjukan R Square 0.764 dan 0.703. Kesimpulan: Terdapat hubungan sangat kuat yang bermakna antara motivasi eksternal dan internal pembelajaran angkatan 2019 dan 2020 dengan nilai ujian blok 18 dan blok 10, motivasi internal dapat mempengaruhi nilai ujian blok sebesar 76% sedangkan motivasi eksternal dapat mempengaruhi nilai ujian blok sebesar 70%. Motivasi diri dalam perspektif Islam sangat penting, terutama dalam proses pembelajaran. Motivasi harus didasari oleh niat sebagai ibadah kepada Allah SWT dan untuk mendapatkan nilai ujian blok yang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-272-KG |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, pembelajaran, internal, eksternal, mahasiswa, nilai, blok rahmatan lil’alamin, niat |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) R Medicine > RK Dentistry |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 09:06 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 09:06 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/9948 |
Actions (login required)
View Item |