Andrean, Edgart (2018) Peran Contextual Support and Barrier Terhadap Orientasi Masa Depan Terkait Pendidikan dan Pekerjaan pada Remaja Panti Asuhan serta Tinjauannya dalam Islam. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
COVER.pdf Download (205kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (490kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (363kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (407kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) |
|
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (430kB) |
Abstract
Orientasi masa depan dapat menjadi faktor pelindung bagi remaja, terutama remaja panti asuhan yang hidup dengan kesulitan ekonomi dan berada dalam anggota kelompok minoritas. Pada masa remaja domain inti dari orientasi masa depan yang menjadi perhatian utama ialah terkait pendidikan dan pekerjaan. Pembentukan orientasi masa depan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal atau kontekstual atau yang disebut sebagai contextual support and barrier. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peranan dari contextual support and barrier terhadap orientasi masa depan terkait pendidikan dan pekerjaan pada remaja panti asuhan di Jakarta dan Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan jumlah subjek sebanyak 105 remaja yang tinggal di panti asuhan, yang diperoleh dengan teknik incidental sampling. Penelitian ini menggunakan adaptasi alat ukur Future Expectation Scale For Adolescents (FESA) dan Contextual Support And Barrier. Hasil penelitian menunjukan bahwa contextual support berperan sebesar 8,7% terhadap orientasi masa depan terkait pendidikan dan pekerjaan pada remaja panti asuhan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa ketika remaja panti asuhan merasa didukung oleh lingkungan (faktor kontekstual) dapat membantu mereka membentuk orientasi masa depan terkait pendidikan dan pekerjaan yang positif. Hasil ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pihak panti dan pemerintah dalam membuat program-program yang dapat membantu remaja panti mendapatkan dukungan dan membentuk orientasi masa depan yang positif. Dalam islam, dikatakan bahwa apabila seorang muslim memberikan dukungan dan bantuan kepada saudaranya sesama muslim maka ia akan mendapatkan balasan yang sama baiknya dari Allah SWT.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-265-PSI |
Uncontrolled Keywords: | Orientasi Masa Depan, Contextual Support Dan Barrier, Remaja Panti Asuhan. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:31 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 04:07 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6346 |
Actions (login required)
View Item |