Febrianty, Alifah Nuke (2019) Peran Family Sense of Coherence Terhadap Resiliensi Keluarga Pada Keluarga Yang Memiliki Anak Disabilitas Intelektual Dari Perspektif Ibu Serta Tinjauannya menurut Islam. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Full text not available from this repository.Abstract
Disabilitas inteletual merupakan salah satu jenis disabilitas yang membuat penyandangnya memiliki inteligensi jauh dibawah rata-rata serta kemampuan bina bantu diri yang terbatas. Hambatan tersebut membuat anak tunagrahita menjadi kurang mandiri sehingga orang tua harus memberikan perhatian serta bantuan yang lebih besar dibandingkan dengan anak pada umumnya. Hal inilah yang dapat menjadi stressor bagi keluarga terutama ibu yang merupakan caregiver utama pada anak karena ibulah yang paling banyak meluangkan waktu untuk pengasuhan sang anak. Oleh karena itu dibutuhkan ketangguhan keluarga dalam menghadapi masalah terkait kehadiran anak tunagrahita. Family resilience dianggap sukses bila keluarga dapat bertahan dari kesulitan dan mengambil makna dari kesulitan yang dihadapi. Salah satu cara untuk dapat resilien adalah dengan mengembangkan pandangan positif saat menghadapi masalah yang disebut juga sebagai family sense of coherence. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran family sense of coherence terhadap family resilience pada keluarga yang memiliki anak disabilitas intelektual dari perspektif ibu. Partisipan pada penelitian ini sebanyak 60 orang ibu yang memiliki anak tunagrahita, berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi yang dipilih menggunakan metode purposive sampling . Alat ukur yang digunakan yaitu Walsh Family Resilience Que
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:31 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 02:31 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/6313 |
Actions (login required)
View Item |