Barry, Gusti Abdul (2012) STUDI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TUGAS BELAJAR KEMENTERIAN AGAMA RI ANGKATAN 2008 PADA PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS YARSI DAN TINJAUANNYA MENURUT ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
1 Cover.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
halaman pengesahan-gusti abdul.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
pernyataan orisinalitas-gusti abdul.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
||
Text
4 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
Abstract
Dorongan belajar seorang mahasiswa timbul karena adanya suatu motivasi, baik motivasi internal maupun motivasi eksternal. Motivasi dapat diartikan sebagai sesuatu kekuatan atau energi yang menggerakkan tingkah laku seseorang untuk beraktivitas. Motivasi dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik.. Data menunjukkan bahwa mahasiswa yang diteliti adalah mahasiswa tugas belajar Kementerian Agama RI angkatan 2008 pada Program Studi Ilmu Perpustakaan yang merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang mayoritas sudah berkeluarga namun masih bersedia kuliah di Universitas YARSI, dan ternyata IP mereka rata-rata 3,45. Untuk mengetahui fakta yang menyebabkab mahasiswa berprestasi tersebut dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran motivasi belajar mahasiswa tugas belajar Kementerian Agama RI angkatan 2008 pada Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas YARSI. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa tugas belajar Kementerian Agama RI angkatan 2008 pada Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas YARSI. Dengan metode deskriptif yang datanya diperoleh dari kuiseoner, wawancara, dan observasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki motivasi belajar yang cukup tinggi. Faktor intrinsik yang menyebabkan motivasi belajar berasal dari hasrat dan keinginan mahasiswa untuk berhasil, dorongan kebutuhan belajar pada mahasiswa, harapan akan cita-cita ingin menjadi orang yang sukses. Faktor ekstrinsik juga menyebabkan timbulnya motivasi belajar mahasiswa, metode pembelajaran ekstrinsik menarik namun penghargaan tidak menjadi motivasi bagi mereka. Tinjauan Islam tentang motivasi belajar bahwa motivasi belajarnya sudah baik, namun terdapat kekurangan bahwa mahasiswa tidak termotivasi oleh penghargaan yang diberikan. Oleh sebab itu, mahasiswa perlu memahami pentingnya suatu penghargaan. Penghargaan dimaksud, baik penghargaan (pahala) disisi Allah SWT maupun penghargaan yang datangnya dari manusia (universitas/ kantor), baik penghargaan berupa materi (kenaikan pangkat) non materi (prestasi), sebagaimana sabda Rasulullah: “Keutamaan orang ‘alim atas hamba (lainnya) adalah seperti kelebihan bulan purnama atas bintang-bintang”. (H.R Abu Daud, Turmudzi, Nasa’i , dan Ibn hibban)orang laki-laki maupun perempuan”
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-108-IP |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Program Studi IP Univ.YARSI |
Subjects: | L Education > L Education (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:30 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 07:56 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/5866 |
Actions (login required)
View Item |