Search for collections on Universitas YARSI Repository

EFEKTIFITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING TERHADAP ANTUSIAS SISWA TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR KEMBANGAN WILAYAH KEMBANGAN DAN DIPANDANG DARI SUDUT ISLAM

Faizah, Ratu Nur (2013) EFEKTIFITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING TERHADAP ANTUSIAS SISWA TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR KEMBANGAN WILAYAH KEMBANGAN DAN DIPANDANG DARI SUDUT ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
COVER-Skripsi Perpustakaan Keliling-Ratu Nur Faizah.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN-RATU.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN ORISINALITAS-RATU.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK-Skripsi Perpustakaan Keliling-Ratu Nur Faizah.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-Skripsi Perpustakaan Keliling-Ratu Nur Faizah.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-Skripsi Perpustakaan Keliling-Ratu Nur Faizah.pdf

Download (13kB) | Preview
[img] Text
BAB 2-Skripsi Perpustakaan Keliling-Ratu Nur Faizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
BAB 3-Skripsi Perpustakaan Keliling-Ratu Nur Faizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
BAB 4-Skripsi Perpustakaan Keliling-Ratu Nur Faizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB 5-Skripsi Perpustakaan Keliling-Ratu Nur Faizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img] Text
LAMPIRAN-Skripsi Perpustakaan Keliling-Ratu Nur Faizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)

Abstract

Layanan Perpustakaan Keliling terhadap Antusias Siswa Taman Kanak-Kanak Al- Azhar Kembangan Wilayah Kembangan dan Dipandang dari Sudut Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisa tabulasi langsung. Pengumpulan data yang diperoleh penulis dalam penelitian ini menerapkan suatu metode, yakni metode observasi, angket, dan kepustakaan. Jumlah sampel penelitian ini 30 siswa dari 60 siswa dari Kelompok A. Pengolahan data menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih kurangnya jumlah peminjaman buku yang dilakukan di perpustakaan sekolah karena faktor penyimpanan buku dan komunikasi yang minim terhadap orang tua akan pentingnya peranan perpustakaan sekolah. Hambatan lain yang dialami pengguna dalam menggunakan perpustakaan keliling adalah Pelayanan yang masih kurang optimal atau tidak sistematis dianggap tidak relevan dengan kebutuhan pengguna serta ketidaktahuan pengguna akan sarana dan fasilitas yang disedikaan oleh layanan perpustakaan, yang meliputi fasilitas, tata ruang, luas ruangan dan transpotasi. Menurut sudut pandang Islam, selain kecerdasan otak, ada beberapa faktor intern yang mempengaruhi antusias siswa seperti dukungan orang tua dan sekolah. Perpustakaan keliling hanyalah salah satu bentuk faktor pendukung yang berasal dari luar untuk meningkatkan kegemaran anak terhadap buku. Penampilan pustakawan merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi ketertarikan anak ketika pustakawan muslim perpustakaan melayani kebutuhan mereka. Petugas perlu melakukan perbaikan ke arah kesempurnaan dan menyesuaikan dengan fase perkembangan siswa. Jika tidak dilakukan usaha perbaikan, Allah pun tidak akan merubah keadaan tersebut tanpa usaha perubahan. Sebagaimana firman Allah dalam Surat. Ar-Ra’d (13): 11) “...Sesungguhnya Allah tidak merobah Keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-122-IP
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan keliling, Antusias Siswa. Layanan Perpustakaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:30
Last Modified: 31 Mar 2022 04:28
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/5842

Actions (login required)

View Item View Item