Indriyani, Indriyani (2018) Sistem Informasi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) serta Tinjauannya Menurut Agama Islam (Studi Kasus di Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI). Diploma thesis, Universitas YARSI.
Full text not available from this repository.Abstract
Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) merupakan produk pendidikan yangtidak bisa dilepaskan dari kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). SKPI merupakan dokumen yang memuat kompetensi yang dimiliki oleh lulusan. Dengan adanya SKPI diharapkan calon pengguna lulusan (stakeholder) lebih mengetahui kecakapan (kompetensi) apa yang dimiliki. Universitas YARSI sebagai salah satu perguruan tinggi yang sudah menerapkan SKPI pengolahan datanya masih bersifat manual dalam mendata atau mendapatkan kompetensi yang dimiliki oleh calon lulusan. Hal ini menyebabkan lambatnya proses pengumpulan informasi data, serta data tersebut dapat hilang ataupun rusak. Untuk mengatasi kekurangan tersebut, maka dirancang sebuah sistem SKPI dengan memanfaatkan sistem informasi. Pengembangan sistem SKPI ini menggunakan model SDLC (System Development Life Cycle) dengan metode waterfall karena dapat menyesuaikan permintaan user. Sistem ini telah diujicobakan kepada 30 orang mahasiswa dan 4 orang dari pihak akademik (Dekan, Admin, Kepala Programm Studi (KPS), dan TU/SBAAK) menggunakan teknik PSSUQ (Post-Study System Usability Questionnaire). PSSUQ adalah salah satu paket kuesioner yang dapat digunakan untuk mengukur usability sistem. Hasil pengujian ini, untuk pihak akademik memperoleh nilai rata-rata Overall 85%, Sysuse 87%, Infoqual 86%, dan Interqual 79%. Sedangkan untuk mahasiswa memperoleh n
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:27 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 02:27 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/4933 |
Actions (login required)
View Item |