Suhaeri, Bayhaqi (2022) PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID TINGKAT SEKOLAH DASAR DENGAN AUGMENTED REALITY. Diploma thesis, Universitas YARSI.
![]() |
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
2. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
9. BAB I.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
10. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
![]() |
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
![]() |
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
![]() |
Text
14. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
![]() |
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) |
Abstract
Di zaman ini smartphone berkembang beriringan dengan perkembangan teknologi informasi yang dimana sangatlah cepat. Smartphone tidak hanya sebatas alat komunikasi, dapat juga menjadi sebagai salah satu alternatif untuk media pembelajaran. Seiring dengan perkembangan zaman, salah satu bahasa universal adalah Bahasa Inggris dikarenakan Bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi antar negara. Anak-anak merasa bosan dan kurang tertarik dalam belajar Bahasa Inggris, karena media yang bersifat verbalistik dan kurang menarik minat belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti membangun aplikasi LIBERIS, yaitu aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris berbasis android dengan Augmented Reality untuk meningkatkan motivasi, daya tarik atau minat belajar Bahasa Inggris pada anak-anak. Augmented Reality merupakan teknologi atau teknik yang menggabungkan benda maya tiga dimensi ke lingkungan yang nyata kemudian memproyeksikannya pada waktu yang nyata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode research and development dan Software Development Life Cycle dengan model waterfall yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu analysis, design, development, deployment, dan maintenance. Aplikasi LIBERIS diujikan kepada 30 responden berusia 6-10 tahun menggunakan beta testing dan usability testing. Hasil beta testing adalah motivasi dan minat belajar meningkat sebesar 35% dari yang sebelumnya hanya 49% responden yang memiliki motivasi dan minat belajar Bahasa Inggris secara umum ke 84% responden setelah menggunakan aplikasi LIBERIS. Untuk usability testing didapatkan hasil rata rata sebesar 83% dari setiap kriteria pertanyaan yang berarti aplikasi LIBERIS sangat baik digunakan untuk belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini sejalan dengan syariat Islam, yang terkandung dalam QS. An-Nahl: 125 dan QS. Al-Baqarah: 31.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-899-FTI |
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Inggris, Pembelajaran, Augmented Reality |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | Mr. Administrator System Admin |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 02:41 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 02:41 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/14375 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |