Marwadiah, Shofa (2023) HUBUNGAN JENIS KELAMIN,USIA, DURASI DUDUK DAN POSISI DUDUK PADA PEMBELAJARAN DARING DENGAN KELUHAN LOW BACK PAIN PADA GURU SMP DI KABUPATEN BOGOR DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas Yarsi.
Preview |
Text
01. COVER.pdf Download (67kB) | Preview |
Preview |
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (751kB) | Preview |
Preview |
Text
03. LEMBAR PERNYATAAN ORISINILITAS.pdf Download (665kB) | Preview |
Preview |
Text
04. ABSTRAK .pdf Download (11kB) | Preview |
|
Text
05. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
|
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
|
|
Text
06. BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
|
|
Text
07. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
|
Text
08. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
|
|
Text
09. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
|
Text
10. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) |
|
|
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
Abstract
Latar Belakang : Low Back Pain (LBP) adalah gangguan muskuloskeletal akibat faktor ergonomi yang kurang tepat. Low Back Pain (LBP) didefinisikan sebagai nyeri antara lengkungan tulang rusuk dan lipatan pantat yang berlangsung lebih dari satu hari. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan nyeri punggung, antara lain usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, paparan masa kerja, kebiasaan merokok, faktor aktivitas atau kebiasaan olahraga. Selama pembelajaran daring seorang guru dapat duduk dengan posisi statis di depan gawai dalam jangka waktu yang lama, oleh karena itu berisiko tinggi untuk menderita LBP. Metode: Penelitian kuantitatif analitik dengan metode cross sectional yang dilakukan pada guru SMP di Kabupaten Bogor. Sampel yang diambil sebanyak 92 responden yang diambil secara acak sederhana. Data diperoleh dari pengisian kuesioner yang telah di validasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square. Hasil: Keluhan LBP pada guru SMP di Kabupaten Bogor pada pembelajaran daring berhubungan erat dengan faktor usia (p=0,042) dimana guru dengan usia >40 tahun lebih banyak mempunyai keluhan ini. LBP juga berhubungan erat dengan posisi duduk yang kurang tepat (p=0,005) dan durasi duduk yang lama (>6 jam) (p=0,001). Kesimpulan: Jenis kelamin tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan keluhan LBP. Sedangkan usia, posisi duduk, durasi duduk memiliki hubungan yang bermakna dengan keluhan Low Back Pain.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | S-7680-FK |
| Uncontrolled Keywords: | Low Back Pain, Guru, Pembelajaran Daring |
| Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RG Gynecology and obstetrics R Medicine > RT Nursing |
| Depositing User: | mrs Marwadiah Shofa |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 04:36 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 04:36 |
| URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12853 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
