Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBERIAN MATERI KETERAMPILAN KLINIK SELAMA PEMBELAJARAN DARING DAN TINJAUAN MENURUT PANDANGAN ISLAM

Qoyyumi, Safira (2021) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBERIAN MATERI KETERAMPILAN KLINIK SELAMA PEMBELAJARAN DARING DAN TINJAUAN MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of S-7266-FK--COVER-1102018052.pdf] Text
S-7266-FK--COVER-1102018052.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 03. SURAT PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
03. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of S-7266-FK-ABSTRAK-ABSTRACT-1102018052.pdf] Text
S-7266-FK-ABSTRAK-ABSTRACT-1102018052.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 08. BAB I.pdf]
Preview
Text
08. BAB I.pdf

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 09. BAB II.pdf] Text
09. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of 13. BAB VI.pdf] Text
13. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)

Abstract

Latar Belakang : Sejak merebaknya pandemi yang disebabkan oleh virus Corona di Indonesia, salah satu cara pencegahan yang dilakukan pemerintah adalah menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dan menyarankan mahasiswa untuk belajar dari rumah masing-masing. Pembelajaran daring menggunakan media online telah diterapkan di FK Universitas YARSI dengan menggunakan zoom meeting berbayar dan materi diberikan dalam bentuk video singkat dan bahan bacaan. Namun, metode pembelajaran daring mempunyai banyak keterbatasan dalam memberikan materi, umpan balik, dan evaluasi keterampilan klinik. Islam sangat mementingkan ilmu pengetahuan karena kesempurnaan iman dan ibadah seseorang dapat dilihat dari ilmu yang mendasarinya. Ali bin Abi Thalib mengajarkan muridnya untuk selalu bersabar, tabah, dan tidak mudah putus asa apabila terdapat hambatan dan rintangan ketika menuntut ilmu. Metode : Penelitian ini dilakukan dengan survey kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah semua mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Kedokteran Universitas YARSI yang mengikuti keterampilan klinik semester 3. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah total sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi Spearman. Hasil : Sebagian besar (68-72%) mahasiswa FKUY mempunyai gambaran minat dan pemahaman yang baik terhadap pemberian materi keterampilan klinik secara daring. Mereka juga berpendapat bahwa pemberian materi keterampilan klinik secara daring di FKUY berlangsung dengan efektif (67%). Berdasarkan analisis bivariat terdapat hubungan yang sangat lemah dan tidak berkorelasi antara gambaran minat dan pemahaman mahasiswa serta efektivitas pembelajaran terhadap pemberian materi keterampilan klinik secara daring dengan nilai skor OSCE. Simpulan : Persepsi mahasiswa mengenai minat, pemahaman dan efektivitas pembelajaran terhadap pemberian materi keterampilan klinik secara daring tidak mempengaruhi gambaran hasil akhir evaluasi keterampilan klinik (OSCE) di FKUY. Dalam Islam, menuntut ilmu adalah salah satu amal ibadah yang bernilai tinggi di sisi Allah. Meskipun terdapat hambatan dan rintangan dalam menuntut ilmu, mahasiswa tetap harus bersabar, tabah, dan tidak mudah putus asa menurut pandangan Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-7266-FK
Uncontrolled Keywords: Minat, Pemahaman, Efektivitas Pembelajaran Daring, Keterampilan Klinik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Safira Qoyyumi
Date Deposited: 20 Dec 2024 06:33
Last Modified: 20 Dec 2024 06:33
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12713

Actions (login required)

View Item View Item