Qoyyumi, Safira (2021) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBERIAN MATERI KETERAMPILAN KLINIK SELAMA PEMBELAJARAN DARING DAN TINJAUAN MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
S-7266-FK--COVER-1102018052.pdf Download (69kB) |
|
Preview |
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
03. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Text
S-7266-FK-ABSTRAK-ABSTRACT-1102018052.pdf Download (124kB) |
|
Preview |
Text
08. BAB I.pdf Download (118kB) | Preview |
Preview |
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Text
09. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
Text
13. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
Abstract
Latar Belakang : Sejak merebaknya pandemi yang disebabkan oleh virus Corona di Indonesia, salah satu cara pencegahan yang dilakukan pemerintah adalah menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dan menyarankan mahasiswa untuk belajar dari rumah masing-masing. Pembelajaran daring menggunakan media online telah diterapkan di FK Universitas YARSI dengan menggunakan zoom meeting berbayar dan materi diberikan dalam bentuk video singkat dan bahan bacaan. Namun, metode pembelajaran daring mempunyai banyak keterbatasan dalam memberikan materi, umpan balik, dan evaluasi keterampilan klinik. Islam sangat mementingkan ilmu pengetahuan karena kesempurnaan iman dan ibadah seseorang dapat dilihat dari ilmu yang mendasarinya. Ali bin Abi Thalib mengajarkan muridnya untuk selalu bersabar, tabah, dan tidak mudah putus asa apabila terdapat hambatan dan rintangan ketika menuntut ilmu. Metode : Penelitian ini dilakukan dengan survey kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah semua mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Kedokteran Universitas YARSI yang mengikuti keterampilan klinik semester 3. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah total sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi Spearman. Hasil : Sebagian besar (68-72%) mahasiswa FKUY mempunyai gambaran minat dan pemahaman yang baik terhadap pemberian materi keterampilan klinik secara daring. Mereka juga berpendapat bahwa pemberian materi keterampilan klinik secara daring di FKUY berlangsung dengan efektif (67%). Berdasarkan analisis bivariat terdapat hubungan yang sangat lemah dan tidak berkorelasi antara gambaran minat dan pemahaman mahasiswa serta efektivitas pembelajaran terhadap pemberian materi keterampilan klinik secara daring dengan nilai skor OSCE. Simpulan : Persepsi mahasiswa mengenai minat, pemahaman dan efektivitas pembelajaran terhadap pemberian materi keterampilan klinik secara daring tidak mempengaruhi gambaran hasil akhir evaluasi keterampilan klinik (OSCE) di FKUY. Dalam Islam, menuntut ilmu adalah salah satu amal ibadah yang bernilai tinggi di sisi Allah. Meskipun terdapat hambatan dan rintangan dalam menuntut ilmu, mahasiswa tetap harus bersabar, tabah, dan tidak mudah putus asa menurut pandangan Islam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-7266-FK |
Uncontrolled Keywords: | Minat, Pemahaman, Efektivitas Pembelajaran Daring, Keterampilan Klinik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education R Medicine > R Medicine (General) |
Depositing User: | Safira Qoyyumi |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 06:33 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 06:33 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12713 |
Actions (login required)
View Item |