Search for collections on Universitas YARSI Repository

PENGARUH SCHOOL FROM HOME SELAMA PANDEMI COVID-19 TERHADAP TINGKAT DEPRESI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI ANGKATAN 2018/2019 & 2019/2020

Asdar, Muhammad Rafly Fauzan (2022) PENGARUH SCHOOL FROM HOME SELAMA PANDEMI COVID-19 TERHADAP TINGKAT DEPRESI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI ANGKATAN 2018/2019 & 2019/2020. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 01. COVER SKRIPSI.pdf] Text
01. COVER SKRIPSI.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 03. SURAT PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
03. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 05. ABSTRAK DAN KATA KUNCI.pdf] Text
05. ABSTRAK DAN KATA KUNCI.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 08. BAB I.pdf] Text
08. BAB I.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 09. BAB II.pdf] Text
09. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[thumbnail of 13. BAB VI.pdf] Text
13. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)

Abstract

Latar Belakang : Pandemi COVID-19 telah menyebar cepat di seluruh dunia terutama di Indonesia. Jumlah kasus di Indonesia sendiri berdasarkan data Kemenkes RI per November 2020 sebanyak 511.836 orang dengan jumlah kematian sebanyak 16.225 orang dan masih terus bertambah. Pandemi COVID-19 ini telah mempengaruhi berbagai tatanan kehidupan bermasyarakat dimulai dari ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan. Akibatnya terjadinya resesi ekonomi di berbagai negara, terhambatnya proses belajar di instansi Pendidikan, diterapkannya protokol kesehatan di berbagai tempat umum. Salah satu dampak yang terjadi pada saat pandemi adalah stress yang dapat berubah menjadi depresi, stress adalah perubahan lingkungan secara fisik, fisiologis, dan sosial secara tiba-tiba dan tidak konsisten yang dirasakan oleh suatu organisme. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk menekan peningkatan angka prevalensi COVID-19 salah satunya menerapkan belajar atau sekolah dari rumah (school from home) bagi siswa sekolah serta mahasiswa perguruan tinggi. Pembelajaran di rumah atau school from home memiliki berbagai macam dampak kepada siswa atau mahasiswa salah satunya dampaknya adalah depresi. Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dengan menggunakan data primer dari hasil pengisian kuisioner melalui google form pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas YARSI angkatan 2018/2019 & 2019/2020. Analisa menggunakan uji chi-square dengan hasil perhitungan statistik dianggap bermakna jika nilai p <0.05. Hasil : Diperoleh 102 responden dari jumlah keseluruhan mahasiswa Kedokteran Universitas YARSI 2018/2019 dan 2019/2020. Jumlah tersebut terdiri dari ditemukan tidak depresi sebanyak 64 orang (62.7%), depresi ringan sebanyak 36 orang (35.3%), depresi sedang sebanyak 2 orang (2%), depresi berat tidak ditemukan. Kesimpulan : Terdapat pengaruh antara jenis kelamin, usia, angkatan mahasiswa selama melakukan school from home selama pandemi COVID-19 pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas YARSI angkatan 2018/2019 & 2019/2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-7521 FK
Uncontrolled Keywords: Depresi, COVID-19, Mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Muhammad Asdar
Date Deposited: 22 Oct 2025 03:54
Last Modified: 22 Oct 2025 03:54
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12705

Actions (login required)

View Item View Item