Muluk, Muhammad Anfasa (2022) GANGGUAN SOMATOFORM PADA ORANG TUA YANG MENDAMPINGI PJJ ANAK DAN TINJAUAN MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas Yarsi.
|
Text
01. COVER.pdf Download (17kB) |
|
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN PDF.pdf Download (290kB) |
|
|
Text
03. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (223kB) |
|
|
Text
05. ABSTRAK DAN KATA KUNCI.pdf Download (12kB) |
|
|
Text
08. BAB I.pdf Download (284kB) |
|
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
|
Text
09. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) |
|
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
|
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) |
|
|
Text
13. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
|
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
Abstract
Latar Belakang : Kegiatan pembelajaran jarak jauh ini sangat memerlukan pendampingan orang tua, peran dan tanggung jawab satuan pendidikan banyak melibatkan peran keluarga terutama orang tua. Kondisi ini, pada satu sisi berdampak positif karena keluarga menjadi bagian inti pendidikan. Disisi lain kondisi ini, berdampak negatif berupa gejala psikomatis seperti kecemasan dan stres. Metode : Jenis metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif, penelitian menggunakan pendekatan Cross Sectional, populasi penelitian ini adalah orang tua yang mendampingi PJJ anak kelas 2 SD IT PLUS CORDOVA, jumlah sample sebanyak 60 responden dengan kriteria inklusi dan ekslusi, kriteria inklusi orang tua yang mendampingi anak PJJ kelas 2 SD IT PLUS CORDOVA dan bersedia mengisi kuisioner dan ekslusi Orang tua yang mendampingi anak PJJ kelas 2 SD IT PLUS CORDOVA dan tidak bersedia mengisi kuesioner Hasil : Dari hasil penelitian, analisis univariat menunjukkan bahwa dari 60 responden mayoritas orang tua yang melakukan pendampingan anak PJJ secara penuh yaitu sebanyak 42 responden (70,0%), dan yang tidak melakukan pendampingan secara penuh pada anak selama PJJ sebanyak 18 responden (30,0%) dan dari 60 responden yang mengalami gangguan somatoform dengan kategori Jarang yaitu sebanyak 17 responden (28,3%), Kadang-Kadang sebanyak 20 responden (33,3%), Selalu sebanyak 23 responden (38,3%). Selain itu analisis univariat menunjukkan bahwa ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara orang tua yang mendampingi pembelajaran jarak jauh anak dengan gangguan somatoform yang terjadi pada orang tua dengan nilai P sebesar 0,000 sehingga nilai p< 0,05. Kesimpulan : Dari 60 responden orang tua, mayoritas yang mengalami gangguan somatoform yakni orang tua yang melakukan pendampingan secara penuh pada anak selama pembelajaran jarak jauh (PJJ), dibandingkan dengan orang tua yang tidak secara penuh melakukan pendampingan, menurut pandangan Islam kedua orang tua adalah pendidik bagi anak-anaknya, dan seseorang muslim harus mampu menerima kenyataan dengan ikhlas, oleh karna itu stress dapat timbul karena seseorang tidak mampu menerima kebenaran atau kenyataan
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | S-7498 FK |
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran jarak jauh (PJJ), Gangguan somatoform |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) |
| Depositing User: | Muhammad Muluk |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 06:14 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 06:14 |
| URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
