Search for collections on Universitas YARSI Repository

HUBUNGAN ANTARA FREKUENSI DAN DURASI BERMAIN GAME ONLINE DENGAN KEJADIAN KELELAHAN MATA (ASTENOPIA) PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI ANGKATAN 2018 DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM

Winayu, Sendang Tri (2021) HUBUNGAN ANTARA FREKUENSI DAN DURASI BERMAIN GAME ONLINE DENGAN KEJADIAN KELELAHAN MATA (ASTENOPIA) PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI ANGKATAN 2018 DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 01. COVER.pdf]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 03. SURAT PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
03. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 05. ABSTRAK DAN KATA KUNCI.pdf]
Preview
Text
05. ABSTRAK DAN KATA KUNCI.pdf

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 08. BAB I.pdf]
Preview
Text
08. BAB I.pdf

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 09. BAB II.pdf] Text
09. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[thumbnail of 13. BAB VI.pdf] Text
13. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)

Abstract

Latar Belakang: Perkembangan permainan pun berubah dari permainan tradisional menjadi permainan berbasis teknologi yang menggunakan jaringan internet atau disebut game online. Game online ini sangat digemari karena selain merupakan sarana hiburan mengisi waktu luang, juga dapat dimanfaatkan sebagai media menambah pertemanan dan komunitas baru. Fenomena kecanduan game online ini semakin meluas dan semakin memprihatinkan, terutama karena banyaknya remaja yang menjadi pecandu game online. Kelelahan mata akibat terlalu lama di depan komputer dan gelombang elektromagnetik yang dihasilkan monitor komputer menyebabkan radiasi dan bisa mengganggu kesehatan mata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara frekuensi dan durasi bermain game online terhadap kejadian kelelahan mata (astenopia) pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Angkatan 2018. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan desain penelitian Cross – sectional. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Angkatan Tahun 2018 yang berjumlah 70 orang. Hasil: Mayoritas mahasiswa dalam kategori kadang-kadang mengalami astenopia sebanyak (40.0%). Mayoritas mahasiswa kadang-kadang bermain game online sebanyak (68.6%). Mayoritas mahasiswa paling banyak mempunyai gangguan mata sebanyak (80%). Terdapat hubungan yang siginifikan antara frekuensi dan durasi bermain game online dengan kejadian kelelahan mata (astenopia). Simpulan: Ada hubungan yang signifikan antara frekuensi dan durasi bermain game online dengan kejadian kelelahan mata (astenopia). Berdasarkan tinjauan islam sebaiknya penggunaan game online lebih dibatasi untuk menghindari terjadinya kerusakan mata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-7381-FK
Uncontrolled Keywords: Game Online, Kelelahan Mata, Astenopia
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RE Ophthalmology
Depositing User: Sendang Winayu
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:04
Last Modified: 14 Jul 2025 03:04
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12520

Actions (login required)

View Item View Item