Search for collections on Universitas YARSI Repository

GIM EDUKASI PADA STRUKTUR TULANG, SENDI DAN JUGA OTOT MANUSIA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (Studi Kasus: Madrasah Tsanawiyah Al-Akhyariyah)

Dhuqary, Elsha Pramoudya (2022) GIM EDUKASI PADA STRUKTUR TULANG, SENDI DAN JUGA OTOT MANUSIA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (Studi Kasus: Madrasah Tsanawiyah Al-Akhyariyah). Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Image
4. HALAMAN PENGESAHAN.PDF

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Image
3. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.PDF

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB 1.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA--1402018178.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text
12. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
16. BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)

Abstract

Majunya teknologi dapat berpengaruh terhadap media pembelajaran yang mengikuti perkembangan zaman. Salah satu media pembelajaran yang menggunakan teknologi adalah gim edukasi. Media gim edukasi dapat meningkatkan motivasi pada proses belajar karena dibuat agar pemain dapat bermain sambil belajar. Guru Madrasah Tsanawiyah Al-Akhyariyah membutuhkan sebuah aplikasi media pembelajaran pada sistem gerak manusia, karena media yang digunakan guru masih memiliki keterbatasan seperti tidak adanya alat peraga dan laboratorium disekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan gim edukasi pada struktur tulang, sendi dan otot manusia menggunakan teknologi augmented reality. Proses pembuatan gim menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang dirancang menggunakan sofware Unity dan EasyAR dengan menggunakan markerless based tracking. Konsep pada gim yaitu menampilkan materi pada sistem gerak manusia dan soal pilihan ganda dengan tiga level. Aplikasi gim sudah melakukan pengujian blackbox testing dan aplikasi gim sudah berjalan sesuai yang diharapkan. Pengujian beta menggunakan skala likert mendapatkan hasil presentase 90% dengan nilai menurut skala likert sangat baik. Menurut tinjauan Islam pembuatan gim edukasi pada struktur tulang, sendi dan otot manusia menggunakan teknologi augmented reality diperbolehkan, karena digunakan dan dikembangkan untuk hal-hal yang positif dan memiliki manfaat dari aplikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-861-FTI
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Gim Edukasi, Sistem Gerak Manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QM Human anatomy
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Elsha Dhuqary
Date Deposited: 02 Apr 2024 07:30
Last Modified: 02 Apr 2024 07:30
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11636

Actions (login required)

View Item View Item