Pambudi, Fazreen Nurul Hikam (2022) PENGEMBANGAN GIM EDUKASI “Q-WARE” UNTUK PENGENALAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Universitas YARSI.
This is the latest version of this item.
|
Text
1. COVER.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
4. HALAMAN ORISINALITAS.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB 1.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) | Preview |
|
Text
15. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
||
Text
16. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
17. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (883kB) |
||
Text
18. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
||
Text
19. BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
Text
21. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil Survei Penggunaan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) di DKI Jakarta pada tahun 2019 yang dilakukan oleh Pusat Pelayanan Statistik Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta menemukan bahwa pemanfaatan TIK jenis komputer di ibu kota cukup tinggi. Sayangnya, ketidaktahuan masyarakat pada dasar komputer masih didapatkan, terutama mengenai hardware yang lokasinya berada dalam Central Processing Computer (CPU) komputer. Hal ini disebabkan oleh beberapa masalah dalam proses pengenalannya, seperti penggunaan cara yang konvensional atau keterbatasan alat peraga. Oleh karena itu dilakukanlah penelitian dengan ditujukan untuk menghasilkan media pembelajaran pengenalan hardware pada CPU komputer dengan bentuk sebuah gim edukasi yang dinamakan Q-WARE dan tinjauannya dalam Islam. Pengenalan hardware pada gim dibuat dengan memanfaatkan model 3D sebagai alat peraga dan dua bentuk permainan untuk membantu pemain dalam belajar dan mengenal hardware, yaitu kuis dan puzzle rakit. Untuk pengembanganya gim dibangun dan diuji menggunakan enam fase dalam metodologi GDLC (Game Development Life Cycle), yaitu Initiation, Pra-Production, Production, Testing, Beta, dan Release. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan oleh 72 responden Q-WARE merupakan aplikasi yang dinilai “Sangat Baik”. Berdasarkan ti Islam juga menilai Q-WARE sebagai aplikasi yang membawa dampak positif dan keberadaannya tidak bertentangan dengan ajaran Islam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-858-FTI |
Uncontrolled Keywords: | Q-WARE, media pembelajaran, gim edukasi, hardware. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | Fazreen Pambudi |
Date Deposited: | 02 Apr 2024 06:53 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 06:53 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11551 |
Available Versions of this Item
- PENGEMBANGAN GIM EDUKASI “Q-WARE” UNTUK PENGENALAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER BERBASIS ANDROID. (deposited 02 Apr 2024 06:53) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |